www.halloriau.com
Politik
BREAKING NEWS :
Dituding Cemarkan Nama Baik, Mantan Kepala SKK Migas Sumbagut Kembali Disomasi
 
Survei Alvara, Prabowo-Sandi Unggul di Sumatera
Jumat, 15/03/2019 - 21:19:07 WIB

JAKARTA - Survei terbaru dari Alvara Research Center mengungkap elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Prabowo-Sandi hanya unggul di wilayah Sumatera.

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf secara umum sebesar 53,9 persen, Prabowo-Sandi hanya 34,7 persen dengan 11,4 persen responden belum memutuskan pilihan. 

Jokowi-Ma'ruf unggul hampir di seluruh area kepulaian kecuali Sumatera. Di Sumatera, Jokowi-Ma'ruf hanya mendapat 40,2 persen, sedangkan Prabowo-Sandi meraih 46,3 persen.

"Untuk setiap wilayah di Sumatera Pak Prabowo unggul karena basisnya mereka memilih Pak Prabowo," ujar Founder dan CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali di Hotel Oria, Jakarta, Jumat (15/3).

Survei Alvara Research dilakukan pada 22 Februari hingga 2 Maret 2019 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi di Indonesia. 

Para responden diambil berdasarkan metode multistage random sampling. Pulau Sumatera menyumbang 259 responden. Semua responden diwawancara dengan metode tatap muka. Margin of error survei ini sebesar 2,88 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Di pulau-pulau lain, pasangan Prabowo-Sandi tersungkur. Di Pulau Jawa dengan total 684 responden, Jokowi Ma'ruf meraih 58,0 persen, Prabowo-Sandi hanya 29,4 persen dengan jumlah yang belum memutuskan sebesar 12,6 persen.

Jokowi-Ma'ruf juga unggul di Kalimantan, Sulawesi, Maluku-Papua, dan Bali-Nusa Tenggara.

"Pemilih di Jawa dan Sumatera akan sangat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang di Pemilu Presiden 2019," kata Hasanuddin seperti dilansir dari CNNindonesia.

Di sisi lain Alvara juga mencatat tren elektabilitas Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf sama-sama mengalami sedikit penurunan terutama di periode Agustus 2018 ke Februari 2019.

Prabowo-Sandi mengalami penurunan 0,4 persen atau dari 35,1,3 persen menjadi 34,7 persen. Jokowi-Ma'ruf juga mengalami penurunan 0,4 persen, dari 54,3 persen menjadi 53,9 persen. Adapun jumlah undecided voters meningkat dari 10,6 persen pada Desember 2018 menjadi 11,4 persen pada Februari 2019. 

Alvara juga mencatat ada pertarungan sengit antara kedua paslon dalam merebut ceruk suara dari pemilih muda generasi Z dan milenial. Di kalangan generasi Z (usia 17-21 tahun), elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 44,0 persen, diikuti Prabowo-Sandi 42,5 persen dan 13,4 persen jumlah undecided voters. 

Sedangkan di generasi milenial (usia 22-37 tahun), Jokowi-Ma'ruf meraih 51,5 persen, Prabowo-Sandi 37,2 persen, dan 11,3 persen jumlah undecided voters.

"Pertarungan ketat juga terjadi dalam memperebutkan pemilih kelas menengah," ujar Hasanuddin.

Survei Alvara tak jauh berbeda dengan sejumlah lembaga lain. Lembaga seperti LSI Denny JA, Cyrus Network, hingga PolMark Indonesia menempatkan Jokowi-Ma'ruf unggul dari Prabowo-Sandi. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Dituding Cemarkan Nama Baik, Mantan Kepala SKK Migas Sumbagut Kembali Disomasi
  • Warga Rumbai dan Rumbai Pesisir Keluhkan Limbah UD RCO
  • 73 Kg Komoditas Pangan Ilegal Impor Asal Malaysia Disita Balai Karantina Pekanbaru
  • Polisi Selatpanjang Kantongi Identitas Mayat Mengapung di Sungai Siatam
  • Dukung Wantannas, XL Axiata Sosialisasikan Konten Bela Negara Lewat SMS Broadcast
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    KPU Riau Sosialisasi Pemilu Serentak 17 April
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved