Pendidikan
BREAKING NEWS :
Tujuh JPU Diturunkan pada Sidang Dugaan Korupsi Kredit Mantan Pimcab BRK
 
Beri Penghargaan pada Siswa Berprestasi, Gubri: Anak Muda adalah Aset Bangsa
Jumat, 01/11/2019 - 18:47:49 WIB

PEKANBARU - Dinas Pendidikan Provinsi Riau, menggelar acara Temu Ramah Gubernur Riau (Gubri) dengan siswa/siswi berprestasi mulai dari jenjang SD, SMP/Mts, SMA/MA/SMK dan SLB se-Provinsi Riau. Siswa berprestasi ini baik di tingkat Nasional maupun Internasional tahun 2019 yang dilaksanakan Jumat (1/11/2019) siang di Balai Pauh Janggi.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau Rudyanto dalam sambutannya mengatakan siswa/siswi yang mengikuti perlombaan baik di tingkat Nasional dan Internasional sebelum mengikuti perlombaan dilakukan seleksi terlebih dahulu di tingkat kabupaten/kota untuk diperlombakan di tingkat Provinsi Riau.

"Setelah seleksi di Provinsi Riau, yang mendapatkan hasil terbaik barulah dikirim ke perlombaan tingkat Nasional dan Internasional," terang Kadisdik.

Disebutkannya, adapun cabang lomba di tingkat Nasional di antaranya Lomba OSN di Manado dan Yogjakarta pada tanggal 30 Juni - 6 Juli 2019 yang diikuti 13 orang siswa. Kemudian Lomba Karya Siswa di Yogjakarta 7 - 13 juli 2019 diikuti seorang siswa, Festival Literasi di Jakarta 2 orang.

"Kemudian Lomba O2SN di Nangro Aceh Darussalam 9 orang, FLS2N di Lampung berjumlah 32 orang, Debat Bahasa Inggris di Kalimantan Selatan 2 orang, Kompetisi Sains di Manado berjumlah 10 orang, LKSN di Bandung 1 orang, Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam di Makassar 1 orang," sebutnya.

Lanjutnya, dan untuk tingkat Internasional ada lomba Internasional Junior Sains Olimpiade di Afrika Selatan diikuti 1 Orang siswa, Internasional Matematika di India 1 orang siswa, Spesial Olimpic di Abu Dhabi 7 orang siswa, Word Innovation Competition di Malaysia berjumlah 6 orang siswa.

"Untuk jumlah siswa berprestasi yang mengharumkan nama Provinsi Riau di ajang tingkat Nasional maupun Intenasional berjumlah 86 orang. Prestasi yang dicapai Provinsi Riau sendiri pada lomba OSN meraih peringkat 5 skala Nasional. O2SN meraih peringkat 16 skala Nasional dan FLS2N provinsi 3 skala nasional," ujarnya.

Bagi siswa/siswi yang meraih prestasi baik di tingkat Nasional dan Internasional akan mendapatkan bonus penghargaan dari Pemerintah Provinsi Riau berupa uang yang nantinya akan ditransfer langsung ke rekening siswa/siswi masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan penghargaan ini adalah bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi Riau. Karena sesuai dengan visi misi Pemprov untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Pemerintah sudah menetapkan prioritas pembangunan kedepan adalah SDM, tentunya dimulai dari mendidik dan selalu mensupport siswa/siswi ini.

"Ke depan, bila ingin mewujudkan Riau yang mempunyai daya saing, SDM-nya harus dimulai dari dini dengan membimbing generasi mudanya supaya mempunyai daya saing," terang Gubri.

Dijelaskannya, sebab siswa/siswi yang memiliki prestasi inilah yang nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang. Dan untuk anak-anak yang mendapatkan prestasi ini semoga dapat meningkatkan dan mempertahankan prestasinya. Karena mereka adalah aset negara.

"Saat ini anak-anak sudah dihadapkan pada tantangan revolusi industri. Oleh sebab itu kita tidak bisa mengandalkan mata pelajaran di sekolah saja, tetapi kita juga harus belajar kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi juga, seperti era digital seperti saat ini," terangnya.

"Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus bisa mengetahui ilmu teknologi informasi. Karena sekarang ini sudah eranya digitalisasi. Maka dari itu kita harus bisa mendidik anak-anak dengan baik, baik orang tua di rumah maupun guru-guru di sekolah, supaya anak-anak kita di Riau bisa bersaing dengan anak-anak di provinsi lain bahkan anak-anak di negara lain," tutupnya.

Penulis : Rivo Wijaya
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Tujuh JPU Diturunkan pada Sidang Dugaan Korupsi Kredit Mantan Pimcab BRK
  • KPK Panggil Dua Saksi Korupsi Pembangunan Jembatan di Kampar
  • Smartfren Umumkan Pemenang Undian WOW Tahap Ketiga
  • Banjir Telan Korban Jiwa, Walhi Kritik Kampanye Gubernur 'Riau Green'
  • Besok, Risma D'Akademy dan Aly Bintang Pantura 4 Goyang Pesta Rakyat Simpedes 2019 di Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Wagubri Buka Pelatihan Jurnalistik Sekolah di SMAN 1 Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved