www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Tips Memiliki Asuransi All Risk Mobil Secara Online dan Tanpa Ribet
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


IKMR Riau Kompleks Juara Umum PSB 2019
Minggu, 27 Oktober 2019 - 16:57:31 WIB

PANGKALAN KERINCI - Tak melupakan adat istiadat kemanapun pergi, sudah menjadi keharusan bagi setiap  orang. Apalagi di masa sekarang, di era teknologi digital dapat membuat adat istiadat tersebut terkikis.  

Kekhawatiran akan ancaman terhadap generasi yang akan datang inilah yang menjadi ide dan tema dalam pentas seni. Hal tersebut mengantarkan Ikatan Keluarga Melayu Riau (IKMR) Riau Komplek sebagai Juara Umum Pentas Seni Budaya (PSB) 2019. 

Ketua Harian IKMR, Deni Firdaus mengatakan mereka juga mengangkat budaya Kuantan Singingi (Kuansing) dalam pameran dan pawai mereka. Mereka menampilkan bagaimana pengantin di Kuansing berjalan bersama beriringan. 

“Setiap orang, saat ini sudah terpapar dengan teknologi, setiap hari kita menerima berbagai informasi dari internet dan terkadang tidak ada hubungannya dengan budaya Melayu. Adanya PSB Riau Kompleks ini, menjadi ajang kita untuk memperkenalkan, mengingat budaya nenek moyang. Apalagi dengan kesibukan kita bekerja, tak jarang lupa dengan budaya daerah kita, walaupun kita tetap bekerja di negeri Melayu,” tuturnya.

Moment PSB merupakan moment yang berharga bagi banyak orang. Iven tersebut membuat adanya satu kesatuan dalam keberagaman. Keberagaman atapun perbebdaan bukanlah suatu yang harus ditonjolkan. Hal tersebut diungkapkan perwakilan manajemen PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Thomas Handoko dalam penutupan PSB Riau Kompleks 2019 yang bertemakan “Melalui Pentas Seni dan Budaya, Mari kita menjaga Keharmonisan di Riau Kompleks” pada Sabtu (27/10/2019).

Kegiatan ini, menurut Thomas, saling menunjukkan kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati. Nilai tersebut adalah warisan untuk para generasi muda. Beragam acara telah ditampilkan sejak 20 hingga 26 Oktober 2019 di Lapangan Merdeka, Kompleks RAPP, Pangkalan Kerinci Pelalawan. 

Sebelumnya, saat menyampaikan sambutan pada acara pebukaan pecan lalu, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan kegiatan PSB di RAPP ini memperlihatkan keberagaman dan kemajemukan Indonesia. 

“Seni budaya dari berbagai daerah begitu mempesona, menarik perhatian kita semua,” ujar Edy.

Edy menilai Riau Kompleks RAPP memiliki masyarakat yang bijaksana dalam menyikapi perbedaan, menjunjung tinggi toleransi, dan dapat membangun semangat keagamaan dan nasionalisme. Walaupun hidup berdampingan dalam perbedaan, warga sadar bahwa bersatu dalam multikulturalisme ‘Bhinneka Tunggal Ika’, berbeda tapi tetap satu, yaitu bangsa Indonesia.

Saat ini ada 11 paguyuban, di antaranya PERMASA (Persatuan Masyarakat Aceh), Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT), Ikatan Keluarga Batak Toba (IKABA), Margasilima, Ikatan Melayu Riau (IKMR), Ikatan Minang Riau Kompleks (IKM-RK), Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan (IKAS), Pandan Wangi (Asal Pasundan, Jawa Barat), Pagayuban Tunggal Warga (PUNGGAWA), dan Ikatan Keluarga Tiong Hoa (IKT). 

Setiap paguyuban menampilkan ciri khas seni dan budayanya seperti replika rumah adat, peragaan alat musik, aneka hidangan makanan dan sebagainya. (rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Roojai Indonesia hadir untuk menjadi asuransi online terbaik dan memastikan finansialmu terproteksi dengan menawarkan berbagai manfaat asuransi, diantaranya roadside assistance 24/7, proses klaim yang mudah dan cepat, diskon, dan masih banyak lagi. Tips Memiliki Asuransi All Risk Mobil Secara Online dan Tanpa Ribet
Service AHASS siaga untuk pemudik.(foto: istimewa)AHASS Siaga Bantu Pemudik Servis Motor Honda
NETA V.(foto: istimewa)Makin Populer, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto bersama Menhub RI.(foto: sri/halloriau.com)Dukung Gebyar BBI/BBWI, Menhub Beri Bantuan 'By The Service' ke Pemprov Riau
Salah satu baliho sosialisasi Abdul Wahid sebagai bakal calon gubernur Riau (foto:rinai/halloriau) Lebih Baik Kembali ke DPR RI Daripada Jadi Wakil, PKB Pastikan Abdul Wahid Bacalon Gubri
  Kadisdik Pekanbaru, Abdul Jamal.(foto: int)PPDB SMPN Pekanbaru 2024 Dimulai 15 Juli, Ini Kata Kadisdik
LLDIKTI Wilayah XVII sosialisasi KIP-K di UIR.(foto: mcr)Sosialisasi KIP-K di UIR, LLDIKTI Wilayah XVII: Peran Yayasan dan PT Penting untuk Sukseskan Program
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)Ikuti MTQ ke-42 Riau, Besok Kafilah Pekanbaru Berangkat ke Dumai
Macet di Jalan Sudirman Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Pengendara di Pekanbaru Keluhkan Pak Ogah, Sembarangan Beri Jalan untuk yang Beri Uang
Irvan Herman saat bersama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (foto/ist)Irvan Herman Masuk Kandidat Potensial Calon Walikota Pekanbaru, Komunikasi Politik Mulai Dijalankan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved