Otomotif
BREAKING NEWS :
Nekad Pakai Mobdin Mudik, ASN Berurusan dengan KPK
 
Perang Dingin Avanza-Xpander, Siapakah Pemenangnya?
Kamis, 14/03/2019 - 18:19:51 WIB

JAKARTA - Toyota Avanza yang biasanya anteng mengisi posisi puncak penjualan mobil terlaris se-Indonesia sejak Februari 2018 mulai terusik. Mulai Februari 2018, posisi mobil terlaris di Indonesia mulai diisi bergantian oleh Avanza-Xpander. Penjualan keduanya mendominasi dibandingkan model lain di segmen yang sama.

Sejak lahir Agustus 2017, Xpander perlahan-lahan bisa merebut hati masyarakat Indonesia dan dibuktikan dari angka penjualannya. Dimulai dari 1.096 unit per bulan secara wholesales, Xpander kini bisa membukukan hingga 7.000an unit dalam kurun waktu 30 hari.

Mitsubishi pun seperti ketiban untung semenjak menjual Xpander di Indonesia. Produsen berlogo tiga berlian itu penjualannya cukup kalem sebelum Xpander datang. Mitsubishi yang baru pertama kali mengisi segmen Low MPV itu sebelumnya mengandalkan SUV dan mobil sport.

Beda dengan Xpander, Avanza sudah hadir lebih dulu. Penjualan Avanza terbilang awet. Tercatat sudah 15 tahun Avanza meramaikan jalanan-jalanan Indonesia dan masih menjadi pilihan utama jika melihat dari sisi penjualannya.

Banyak mendapat gempuran dari model lain di segmen Low MPV, Avanza pun belum tergugah. Meski model lain juga tak kalah laris, namun dari angka penjualan Avanza masih yang teratas.

"Data wholesales bulan per bulan menunjukkan Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga pernah membukukan angka maksimum per bulan sebesar 10.000-11.000 unit," sebut Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto.

"Sedangkan Toyota Avanza pernah mencapai angka wholesales per bulan maksimum 21.000 di Juli 2013," sambungnya.

Merujuk pada data wholesales Gaikindo Avanza pada tahun pertamanya bisa membukukan 43.936 unit. Kemudian penjualannya terus meningkat hingga lima kali lipat tahun 2013 sebesar 213.458 unit.

Tahun 2014 penjualan Avanza mulai menurun seiring dengan para pendatang baru. Meski begitu, posisi Avanza belum tergeser. Masih terus memimpin penjualan baik itu Low MPV maupun mobil di Indonesia.

Tahun 2018 Avanza masih di atas angin. Total mobil dengan julukan sejuta umat tahun lalu terdistribusi sebanyak 82.167 unit. Bagaimana dengan Xpander? Xpander pada tahun pertamanya hanya membukukan 13.070 unit. Kemudian angka tersebut melonjak hingga 75.075 unit setahun setelahnya.

Persaingan Avanza-Xpander masih bakal terus berlangsung. Toyota membuka awal tahun 2019 dengan wajah baru. Penjualannya masih belum sebaik Xpander. Dua bulan pertama tahun 2019, Avanza masih takluk dari sang kompetitor utama.

Toyota sendiri mengklaim penjualan Avanza Toyota kembali merangkak naik meski secara data justru turun. Bahkan disebutkan 18.000 unit Avanza sudah mengantre untuk dikirim. Sementara Mitsubishi pun seolah tak mau kalah dengan rivalnya itu. Membandingkan dengan kompetitornya, Mitsubishi menyebut Xpander sudah menang telak.

"Saya bilang tadi bahwa beberapa bulan sebelumnya juga kita sudah pernah menang. Dan kalau ingin dibedah small MPV, Mitsubishi kan hanya main di mesin 1.500 cc (Avanza gabungan dengan 1.300 cc). Jadi kami itu menang mutlak," tutur Direktur Penjualan & Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro dilansir detikOto.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Nekad Pakai Mobdin Mudik, ASN Berurusan dengan KPK
  • Dampak Aksi 22 Mei di Jakarta, Sekda Akui Tidak Pengaruhi Kondusifitas di Rohul
  • Stabilkan Harga Daging Selama Ramadan, Bulog Datangkan 27 Ton Daging Kerbau India
  • Polres Pelalawan Ringkus Napi Rutan Siak Pemilik 6 Kg Sabu
  • Kejati Riau Hentikan Penyelidikan Pembangunan Embung di Tenayan Raya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
     
     
    MobiL
    Pengundian Hadiah Motor Honda Exhibition di Living World
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved