Otomotif
BREAKING NEWS :
Stabilkan Harga Daging Selama Ramadan, Bulog Datangkan 27 Ton Daging Kerbau India
 
Sensasi Mengendarai Daihatsu Xenia Bertenaga Terios
Senin, 18/02/2019 - 13:09:52 WIB
Daihatsu Xenia 2019
Daihatsu Xenia 2019
TERKAIT:
 
  • Sensasi Mengendarai Daihatsu Xenia Bertenaga Terios
  •  

    JAKARTA - Sejak pertama dipasarkan pada 2004, baru awal 2019 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengeluarkan Xenia dengan mesin 1.500 cc untuk konsumennya. Model ini pun langsung menjadi varian tertinggi di keluarga Xenia yang dihadirkan dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

    Setelah banyak membahas masalah perubahan tampilan, akhirnya ADM mengajak beberapa media menjajal kamampuan Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatara Utara.

    Rute perjalan pada hari pertama menuju wisata air terjun Martolu yang berada di Desa Rampa, Sibolga. Boleh dibilang sajian rute yang dihadirkan cukup variatif, mulai dengan melintas daerah kota dengan sedikit keramaian, sampai belusukan ke desa, dan masuk ke jalur menanjak perbukitan yang jalannya masih dalam perbaikan.


    Berbekal mesin 1.500 cc yang serupa dengan Terios atau Toyota Veloz, membuat Xenia lebih percaya diri dalam suplai tenaga. Dari data di atas kertas, mesin 2NR-VE Dual VVT-i mampu memproduksi tenaga 104 tk dan torsi 134 Nm, cukup wajar bila sensasi berkendara akan berbeda dengan Xenia bermesin 1.300 cc. Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

    Putaran tenaganya tidak jauh berbeda dengan Terios. Mulai dari bawah saat menginjak pedal gas, tenaganya sudah terasa lebih berisi. Bahkan ketika menelusuri jalan meliuk dan menanjak di area perbukitan dengan membawa empat penumpang dewasa dan barang di bagasi belakang pun tak menjadi sebuah kendala berarti bagi Xenia 1.5L.

    Sedikit lag atau perlambatan memang masih ditemui, terutama ketika mendadak langsung menekan pedal gas lebih dalam alias kick down. Tapi secara batasan, masih cukup wajar mengingat peruntukannya pun sebagai mobil keluarga.


    Fun to Drive

    Selain masalah tenaga, Daihatsu juga membenahi sektor kenyamanan Xenia baru yang menyasar pada sektor kaki-kaki dan pengendalian. Di pengendalian, perbaikan dilakukan pada force turning steering whell yang membuat kemudi makin fun to drive.

    Menurut Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, dengan meyeting ulang kemudi membuat kendali Xenia makin mantab dikontrol saat sedang kecepatan rendah atau pun tinggi. Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara.

    "Saat berkendara santai atau pada kecepatan rendah kemudi itu lebih enteng, sementara saat berkendara di kecepatan tinggi atau di atas 80 kpj, kendali akan dibuat lebih berat dengan tujuan agar mobil lebih stabil. Ini kita atur dari ECU steering-nya," ucap Bambang.


    Kestabilan baru pada Xenia menurut Product Planning Division R&D PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Ryan Ferdiean, juga ikut ditunjang pada peningkatan di sektor kaki-kaki, yakni peredam kejut. Untuk suspensi depan mendapat settingan ulang agar kenyamanan pengendara dan penumpang lebih terjaga.

    "Kita tunning lagi pada suspensi, spring dan absorber-nya pada sektor depan. Untuk spring kita buat lebih balance antara depan dan belakang, depan itu kekerasannya kita turunkan buata lebih lembut agar imbang. Setelah itu absorber-nya kita setting ulang baik depan dan belakang," ucap Ryan dilansir detikOto.

    Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Hasilnya memang Xenia baru jauh lebih baik dalam hal kestabilan dibandingkan model lawasnya. Saat mengendarai dan bermanuver di jalur berkelok, efek limbung pun sangat minim. Rahasianya ternyata juga karena Daihatsu ikut membenahi rainforce yang ada di underbody. Dampaknya membuat mobil makin rigid sehingga akselerasi makin mantab.(*)



    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)


     
    Berita Lainnya :
  • Stabilkan Harga Daging Selama Ramadan, Bulog Datangkan 27 Ton Daging Kerbau India
  • Polres Pelalawan Ringkus Napi Rutan Siak Pemilik 6 Kg Sabu
  • Kejati Riau Hentikan Penyelidikan Pembangunan Embung di Tenayan Raya
  • Gandeng TP4D, Disdikpora Kuansing Sosialisasikan DAK Fisik 2019 kepada 92 Sekolah Penerima
  • Pererat Silaturrahim, Forkom Pemred Riau Buka Puasa Bersama
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
     
     
    MobiL
    Pengundian Hadiah Motor Honda Exhibition di Living World
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved