HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Astra International Daihatsu Pekanbaru Habiskan Stok Mobil 2019
 
Penyebab dan Cara Mengatasi Kepala 'Nyut-nyutan' Saat Bangun Tidur
Kamis, 05/12/2019 - 06:00:32 WIB

PEKANBARU - Rasa pusing atau sakit kepala sering kita rasakan saat bangun tidur. Hal ini utamanya disebabkan oleh gaya hidup yang makin sibuk dan kebiasaan tak sehat.

Pusing merupakan tanda yang jelas bahwa kamu tidak merawat tubuhmu dengan baik. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari dehidrasi, stres kronis, kurang tidur, hingga kebiasaan makan yang tidak sehat, ada banyak mengapa kamu bisa mengalami kepala nyut-nyutan saat bangun tidur.

Jika tak segera diredakan, sakit kepala ini bisa merusak produktivitasmu dalam sehari. Lakukan hal berikut jika kamu sudah meminum obat dan tak ada perubahan yang terjadi, seperti dikutip dari detik.

1. Perhatikan makananmu

Seringkalinya pola makan kitalah yang memiliki pengaruh pada sakit kepala di pagi hari. Hindari mengonsumsi banyak MSG atau monosodium glutamat, yang umumnya ditemukan dalam mi instan. Kurangi konsumsi mi instan di malam hari, batasi asupan kafein dan alkohol, serta saat sakit kepala menyerang, hindari makanan yang renyah dan garing.

2. Singkirkan tekanan dari kulit kepala

Kebanyakan kita secara tidak sadar menaruh banyak tekanan di kulit kepala kita. Rilekskan rahangmu, tarik napas dan singkirkan kuncir, jepit, atau aksesori rambut yang menekan kulit kepala.

3. Coba dipijat

Jika pekerjaanmu melibatkan duduk seharian di depan layar komputer, jaga tetap dalam postur tubuh yang benar. Karena otot di leher dan kulit kepala bisa menegang yang nantinya akan bikin kepala nyut-nyutan. Pijatlah dengan lembut di area yang terasa sakit menggunakan jempol atau telunjuk. Memijat kepala perlahan bisa membantu meredakan otot yang mengencang dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Kompres dingin atau hangat

Coba kompres hangat di bagian belakang kepala dan leher untuk mengurangi nyeri kepala. Di sisi lain, kamu juga bisa mengompres dingin di kening dan pelipis untuk menghilangan sakit kepala yang membuat kepala terasa tegang.

5. Tidur yang cukup

Tentu saja, tidak ada yang bisa melawan baiknya mencukupkan tidur untuk menghilangkan rasa sakit di kepala. Jika terasa semakin sakit, ambillah waktu untuk beristirahat. Pastikan tidur malammu berkualitas dan nyenyak untuk mencegah risiko rasa sakit ini. Namun ingat, jika kamu tidur terlalu banyak juga bisa menyebabkan sakit kepala. *


Tags: Sakit Kepala



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Astra International Daihatsu Pekanbaru Habiskan Stok Mobil 2019
  • Pajero Dominasi Penjualan di NBM Arengka
  • Puluhan Bikers Honda CRF Jelajah Wisata di Kampar
  • Jilbab Wanita Muslimah, Bukan Untuk Berhias
  • Habitat Makin Hilang, Dua Ekor Gajah Liar Berkeliaran Dekat Polsek Mandau
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Penyerahan Hadiah Pemenang Doorprize
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved