HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Kukerta Unri Gelar Sosialisasi PHBS di Desa Pulau Rumput
 
Konsumsi 3 Makanan Pembersih Paru-Paru Ini agar Sistem Pernapasan Lebih Sehat di Tengah Kabut Asap
Sabtu, 21/09/2019 - 11:48:30 WIB

Di tengah kabut asap saat ini, warga Riau perlu ekstra menjaga kesehatan tubuh. Terutama alat pernafasan yang pasti terganggu udara yang kini tercampur zat-zat berbahaya.

Jika salah satu organ dari sistem pernapasan memburuk, tentu akan berpengaruh besar terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, memiliki gaya hidup sehat cukup penting untuk menjaga kesehatan organ pernapasan, termasuk mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi sistem pernapasan.

Supaya terhindar dari risiko tersebut, ditulis hellosehat, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengoptimalkan kesehatan organ pernapasan Anda. Mulai dari buah-buahan hingga ikan yang mudah Anda temui di kehidupan sehari-hari.

1. Buah dan sayur

Makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin dipercaya dapat meredakan peradangan pada sistem pernapasan Anda. Contohnya, buah jeruk atau sayuran berdaun hijau yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi ternyata membantu mencegah paru-paru rusak akibat terkena asap rokok.

Selain itu, buah dan sayur mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas dan memperbaiki jaringan paru-paru.

Kebaikan buah dan sayur juga ditunjukkan melalui sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 tahun kepada 120 pasien PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis. Di dalam penelitian tersebut diperlihatkan bahwa konsumsi buah dan sayur secara rutin membuat para pasien tersebut mengalami perbaikan gejala.

Maka itu, biasakan untuk memasukkan buah dan sayur di menu makanan harian Anda untuk sistem pernapasan yang lebih sehat. Ini dia beberapa jenis sayur dan buah yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

    Stroberi
    Anggur
    Mangga
    Tomat
    Kentang
    Brokoli

2. Ikan dan asam lemak omega-3

Tahukah Anda bahwa ikan termasuk salah satu makanan yang dapat mengurangi risiko penyakit paru=-paru kronis?

Ikan yang berasal dari laut, seperti salmon, berisi asam lemak omega-3 yang membantu membersihkan salah satu bakteri yang dapat menyebabkan peradangan paru.

Seperti yang dijelaskan seorang profesor dari Fakultas Kedokteran University of Rochester, asam lemak omega-3 yang diujicobakan kepada tikus dapat membantu meningkatkan fungsi paru.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk benar-benar mengerti bagaimana senyawa ini dapat berguna di dalam tubuh manusia, khususnya organ pernapasan.

3. Yoghurt

Selain buah dan sayur, ternyata makanan yang baik untuk sistem pernapasan lainnya adalah yoghurt. Akan tetapi, bukankah banyak yang bilang bahwa produk susu, seperti yoghurt justru dapat meningkatkan produksi lendir pada tubuh?

Faktanya, pada tahun 2013 terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan manfaat yoghurt terhadap sistem pernapasan manusia. Penelitian yang diikuti oleh 46 perenang wanita ini memperlihatkan bahwa terdapat pengurangan risiko gejala infeksi pernapasan yang sering diderita oleh perenang.

Makanan yang sudah disebutkan di atas memang baik untuk kesehatan sistem pernapasan Anda. Tidak hanya makanan saja, Anda pun wajib menjalani gaya hidup yang sehat, seperti menjauhi asap rokok dan memakai masker untuk mengurangi paparan polusi. (*)


Tags:



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Kukerta Unri Gelar Sosialisasi PHBS di Desa Pulau Rumput
  • Kejari Tahap II Perkara Korupsi Dana Hibah Penelitian UIR
  • Terbakar Cemburu, Suami di Inhil Kalap Aniaya Istri yang Hamil 5 Bulan Hingga Tewas
  • Walikota Dumai Terima Penghargaan Program Sehari Belajar di Luar Kelas dari Menteri PPPA
  • Dorong Peningkatan Kapasitas UMKM, Pemkab Siak Dukung Program DBS DJP Wilayah Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Penyerahan Hadiah Pemenang Doorprize
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved