HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Jadwal Lengkap MotoGP Valencia, Minggu Ini Balapan Pamungkas
 
Di Musim Asap Begini, Cegah Penyakit Pernapasan dengan Deretan Makanan Berikut
Jumat, 13/09/2019 - 16:56:02 WIB
Bawang Putih dan Zaitun.
Bawang Putih dan Zaitun.
TERKAIT:

DALAM kondisi Riau yang diserang kabut asap saat ini, banyak gangguan penyakit yang mungkin terjadi, termasuk masalah pernafasan akibat terganggunya fungsi paru-paru.

Paru-paru adalah organ yang memainkan peran penting dalam membantu tubuh berfungsi dengan baik. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 235 juta orang menderita asma saat ini.

Udara yang tercemar dan polutan meningkatkan risiko masalah kesehatan pernapasan seperti bronkitis, asma, pneumonia, dan fibrosis kistik. Jadi, untuk meningkatkan kesehatan paru, konsumsi saja 10 makanan berikut :

Apel
    Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum segelas jus apel sehari memiliki risiko asma (mengi) yang rendah. Studi lain menemukan bahwa wanita yang makan apel setiap hari selama kehamilan cenderung memiliki anak yang tak menderita asma karena apel mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang bisa mengurangi peradangan di saluran udara.
   
Salmon
    Salmon memiliki asam lemak omega 3 yang membantu menurunkan peradangan di paru dan juga dapat melawan bakteri pada orang yang hidup dengan penyakit paru. Selain salmon, makerel, trout, sarden, dan hering baik untuk paru-paru.
   
Minyak zaitun
    Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda seperti ditemukan dalam minyak bunga matahari dan minyak kanola yang sangat bagus untuk kesehatan. Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk membantu melawan risiko kesehatan terkait polusi udara, seperti tekanan darah yang meningkat dan gangguan pembuluh darah yang dapat mengurangi suplai oksigen ke paru-paru dan jantung.
   
Teh hijau
    Teh hijau mengandung antioksidan yang membantu menenangkan tubuh, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan. Kuersetin antioksidan bertindak sebagai antihistamin alami yang memperlambat pelepasan histamin yang menyebabkan gejala alergi.
   
Kopi
    Secangkir kopi dapat membantu meringankan gejala asma. Kafein bertindak sebagai bronkodilator yang membuka saluran udara pada penderita asma dan mengurangi kelelahan otot pernapasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum secangkir kopi di pagi hari akan memperbaiki pernapasan dan meningkatkan fungsi paru.
   
Biji-bijian
    Biji-bijian adalah makanan super lain untuk paru-paru. Biji seperti biji labu, biji rami, dan biji bunga matahari mengandung banyak magnesium, mineral penting untuk penderita asma. Magnesium membantu otot-otot di saluran napas untuk rileks dan mengurangi peradangan sehingga meningkatkan pernapasan.
   
Berwarna oranye
    Buah-buahan dan sayuran yang berwarna oranye seperti pepaya, labu, dan jeruk disarankan dikonsumsi untuk kesehatan paru. Makanan ini mengandung antioksidan seperti vitamin C, yang dikenal ampuh melawan infeksi dan mengurangi peradangan.
   
Bawang putih
    Bawang putih mengandung flavonoid yang merangsang produksi glutatione, yang membantu menghilangkan racun dan karsinogen, yang selanjutnya membantu paru berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi tiga siung bawang putih mentah dua kali seminggu berkurang risiko kanker hingga 44 persen.
   
Jahe
    Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, juga membantu detoksifikasi paru dan menghilangkan polutan dari paru. Jahe juga mengurangi kemacetan, membuka saluran udara, dan meningkatkan sirkulasi ke paru, sehingga meningkatkan kesehatan paru.

    Brokoli
    Brokoli mengandung banyak vitamin C, folat, karotenoid, dan fitokimia yang melawan unsur-unsur merusak paru. Sayuran hijau ini memiliki senyawa aktif yang disebut L-sulforafan, yang menipu sel untuk mengaktifkan gen anti-inflamasi, yang lebih lanjut mencegah penyakit pernapasan. (*)




Tags:



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Jadwal Lengkap MotoGP Valencia, Minggu Ini Balapan Pamungkas
  • Rentetan Jadwal Pendaftaran dan Seleksi CPNS Pemprov Riau 2019
  • Buru Pengedar Narkoba di Jalanan Bak di Film Koboy, Polisi Riau Tembak Pelaku
  • Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan Seorang Youtuber
  • Dewan Kritisi Pemprov Riau yang Dinilai Tak Optimal dalam Peremajaan Sawit Rakyat
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Penyerahan Hadiah Pemenang Doorprize
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved