www.halloriau.com
Internasional
BREAKING NEWS :
Peran Pendamping UMKM di Meranti Semakin Dimaksimalkan
 
Umat Islam Bulgaria Mulai Berperan di Berbagai Bidang, hingga Dirikan Partai
Sabtu, 16/02/2019 - 07:07:45 WIB

JAKARTA - Menurut Kantor Berita Islam Internasional (IINA), Bulgaria, negara yang terletak di Eropa Tenggara itu adalah rumah bagi 2,5 juta hingga 3 juta umat Muslim. 

Islam adalah agama minoritas terbesar kedua di negara yang memiliki luas wilayah sekitar 110.994 kilometer persegi itu, yakni mencapai 25 persen dari total populasi.

Umat Islam di negeri yang dibentengi Pegunungan Balkan dan Pegunungan Rodopi itu telah menjadi bagian penting dari Bulgaria. Jika dipilah berdasarkan etnis, mayoritas Muslim di negara beribu kota Sofia itu terdiri atas tiga etnis besar, yakni Turki, Bulgaria, dan Roma.

Mayoritas Muslim di Bulgaria menganut mazhab Sunni. Umumnya, umat Islam tersebar di berbagai kota, seperti di Rhodopes, Provinsi Smolyan, sebelah selatan Pazardzhik dan Provinsi Kardzhali, serta  di bagian Timur  Provinsi Blagoevgrad. Ada pula yang menetap di Provinsi Lovech, utara Bulgaria. Selain itu, ada pula penganut mazhab Syiah yang tersebar di Razgrad, Sliven, dan Provinsi Silistra.

Berdasarkan data pada kantor Mufti Agung di Sofia, saat ini terdapat 1.458 masjid. Padahal, pada era kekuasaan Turki Usmani, di wilayah itu tersebar sekitar 2.356 masjid, 174  mushala, 142 madrasah, dan 400 lembaga wakaf. Namun, setelah perang banyak sarana ibadah dan gedung-gedung keislaman yang dihancurkan, ujar sumber di Mufti Agung Sofia.

Ditulis ROL, umat Islam di Bulgaria sudah mulai berperan di berbagai bidang.  Beberapa tahun lalu, Muslim di negara itu mampu mendirikan partai politik bernama partai Uni Demokratik Islam. 

Partai yang didirikan etnis Turki itu, menurut kantor berita Sofia berlandaskan pada agama dan etika dasar, serta tidak rasial. Inilah partai Islam pertama di negeri itu yang bersanding dengan delapan partai Kristen.

Partai Islam itu didirikan oleh dua bersaudara, yakni Ali Yuzeirov dan Yuzeir Yuzeirov. Ali Yuzeirov menjabat sebagai ketua partai. Setiap orang di Bulgaria, menurut Yuzeirov, bisa menjadi anggota partai Uni Demokratik Islam, selama berkomitmen untuk menjunjung dan menjaga nilai-nilai dan moral Islami.

Kehadiran partai politik Islam yang siap untuk membela hak-hak semua warga negara Bulgaria itu mengundang kekhawatiran dari Partai Nasional Bulgaria. Pemimpin Partai Nasional, Karkchanov Krassimir, menuding kehadiran partai berbasis Islam itu dapat menimbulkan ketegangan rasial dan ketidakpercayaan. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Peran Pendamping UMKM di Meranti Semakin Dimaksimalkan
  • Dukung Industri Rokok Elektrik Lokal, NCIG Indonesia Hadir Sebagai POD Pertama yang Bercukai
  • Wow! Lisa BLACKPINK Dinobatkan Sebagai Wanita Tercantik di Asia
  • PT NWR Beri Bantuan Meja dan Kursi, 117 Murid SD IT Segati Itu Kini Tak Lagi Belajar di Lantai
  • Simak Perubahan Lengkap pada Ertiga Suzuki Sport
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Potret Lensa
    PWI Riau Kunjungi Chenzhen Daily Newspaper di Cina
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved