Inhu
Pemkab Inhu | DPRD Inhu
 
+ INDEX BERITA

13:51 - KPU Inhu Distribusikan Log...
12:27 - Pelaksanaan Apel Pergesera...
11:00 - Dongeng Akbar, Dompet Dhua...
22:06 - Pemkab Inhu Deklarasi Kemi...
12:36 - Disdukcapil Inhu Cetak 10....
14:02 - Bhabinkamtibmas Desa Usul ...
12:19 - Kapolres Inhu Tegaskan Beb...
10:41 - Kapolres Inhu dan Dandim 0...
10:31 - 240 Personel PLN Rengat Si...
15:17 - Kota Rengat Diguyur Hujan,...
09:57 - Semakin Meluas, Karhutla d...
16:00 - Pemkab Inhu Serahkan 15.18...
13:01 - Kapolres Inhu Turun Gunung...
13:38 - PLN Kembali Lakukan Pemada...
14:30 - Wabup Khairizal Imbau ASN ...
11:33 - Tingkatkan Kepatuhan Bayar...
13:19 - Bupati Inhu Sindir ASN Mas...
18:06 - Bupati Inhu Pimpin Prosesi...
13:00 - Sekda Hendrizal Buka Perke...
14:12 - Pengukuhan Pengurus MUI In...
 
Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Polres Inhu Gelar Upacara
Senin, 01/10/2018 - 11:15:44 WIB
Kapolres saat membacakan amanat dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Mapolres Inhu .
Kapolres saat membacakan amanat dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Mapolres Inhu .
TERKAIT:

RENGAT - Jajaran Polres Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Polres Inhu dengan tema 'Pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa', Senin (1/10/2018) sekitar pukul 08.00 WIB di Halaman Mapolres Indragiri Hulu.


Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Indragiri Hulu AKBP Dasmin Ginting, SIK, Sebagai Perwira Upacara Kapolsek Kelayang Akp Buha Siahaan, Komandan Upacara Kanit Reskrim Polsek Kelayang Ipda Endang Kusma Jaya, SH dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 Brigadir Fauzi, SH serta Pembacaan Ikrar Briptu Mangginar Situmorang.

Upacara ini juga diikuti oleh Wakapolres Indragiri Hulu Kompol Roni Syahendra SH, SIK, para Kabag, para Kasat, para Kapolsek, Perwira beserta anggota dan ASN Polres Inhu.

Terdiri juga 1 Pleton Perwira, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 Pleton Gabungan Staf, 1 Pleton Gabungan Personil Polsek jajaran, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Res Narkoba, 1 Pleton ASN Polres Indragiri Hulu.

Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting SIK dalam amanatnya menyampaikan, di samping telah mempersatukan sebagai bangsa dan negara secara utuh, Pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masyarakat Indonesia. Nilai-nilai Pancasila telah membuat masyarakat Indonesia semakin matang dalam kehidupan politik, sebagaimana telah dilihatkan dalam Pemilu. Hal ini juga sekaligus menepis seolah-olah Pancasila kurang menadapatkan perhatian sejak era Reformasi 1998.

Untuk membangun bangsa dan negara yang dicintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus pondasi negara Indonesia.

"Sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera," tegas Kapolres Inhu.

Lebih lanjut disampaikan Kapolres, salah satu fenomena dalam era Globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar kominitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil. Diantara nilai atau paham yang melintas-batas itu adalah radikalisme. Paham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain.

"Sudah tentu radikalisme dan paham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormti dan menghargai kebhinekaan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus, kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai paham radikalisme dan sejenisnya," terangnya.

Lanjutnya, semua pihak,  tentu ingin membangun bangsa yang beradab, yang salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain. Sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan Demikan, Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup.

Untuk itu, himbaunya, semua pihak harus terus-menerus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi penerus bangsa Indonesia yang dicintai ini. Dalam konteks ini, pendidikkan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif. Karena melalui sistem pendidikkan, penggalian, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistematik, dan secara masif.

"Akhirnya, peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati setiap tahun haruslah kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selamat memperingati hari Kesaktian Pancasila 2018, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa membimbing dan meridhoi usaha kita semua dan semoga apa yang kita lakukan termasuk bagian dari amanl kebajikan," tutup AKBP Dasmin.

Penulis : Andri Subakti
Editor  : Fauzia

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Hitung Cepat KPU, Sementara Prabowo Unggul di 18 Provinsi Jokowi 14 Plus Luar Negeri
  • Ini Mobil Terlaris Kuartal Pertama 2019
  • Danlanud Rsn Pimpin Sertijab Skatek 045 Kadispers Kadislog dan Karumkit
  • Kejari Kuansing Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum Lima Bulan Terakhir
  • Disperindag Pekanbaru Minta Camat Laporkan Data Pasar Ramadan
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved