Inhil
Pemkab Inhil | DPRD Inhil
 
 
+ INDEX BERITA

16:00 - Bupati Inhil Hadiri Diskus...
15:16 - Bupati Inhil Sampaikan Pid...
17:08 - Diskominfops Inhil Ikuti R...
15:34 - Sekda Inhil Ikuti Prosesi ...
09:56 - Bupati Inhil Nonton Bareng...
13:04 - Digagas Diskominfops, Bupa...
16:47 - Pemkab Inhil Gelar Rapat K...
16:37 - Bupati Inhil: Sistem InPAS...
14:50 - PWI Inhil dan GGTV Gelar N...
13:27 - Bakesbangpol Inhil Taja So...
11:46 - Diwakili Asisten II, Bupat...
15:06 - Perangkat Desa Kecamatan G...
14:29 - Deklarasi Anti Hoax, Komit...
13:21 - Wakili Bupati Inhil, Asist...
13:24 - Tepuk Tepung Tawar, Syamsu...
15:48 - Pemkab Inhil Studi Banding...
13:33 - Zulaikhah Wardan, Ketua PM...
14:33 - Sempat Batal, Pemkab Inhil...
14:15 - Bupati Inhil Hadiri Tepung...
15:30 - Akun Facebook Bernama Ahma...
 
Disdukpencapil Rekam E - KTP di Pasar Kembang, Bupati Inhil: Kurangi Potensi Sengketa Politik
Sabtu, 13/01/2018 - 20:16:34 WIB

INHIL- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Inhil melakukan perekaman E - KTP di Desa Pasar Kembang, Keritang. Atas langkah tersebut, Bupati Inhil, HM Wardan mengapresiasi upaya 'Jemput Bola' pelayanan kebutuhan administrasi kependudukan (Adminduk).

Apresiasi yang diberikan Bupati Inhil, HM Wardan adalah karena Disdukcapil selaku leading sector adminduk, telah menerapkan sistem 'Jemput Bola' dengan mendatangi dan melakukan perekaman langsung di lokasi tempat tinggal masyarakat bersangkutan.

"Tanpa menunggu lama, Disdukpencapil mendatangi masyarakat untuk melakukan perekaman E - KTP dan administrasi kependudukan lainnya, seperti KK, Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Ini suatu langlah yang ditunggu - tunggu," pungkas Bupati, Jum'at (12/1/2018) sore.

Disdukpencapil, dikatakan Bupati, seyogyanya mampu memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan seluruh masyarakat Inhil. Persentase maksimal, lanjutnya, harus dapat dicapai. Terlebih, Kabupaten Inhil sebentar lagi akan menyambut datangnya kontestasi politik, Pilkada serentak di bulan Juni mendatang.

"Kalau sudah terakomodir kebutuhan, seperti E - KTP. Maka, akan sedikit mengurangi potensi adanya sengketa politik yang terjadi di Pilkada serentak karena masalah sinkronisasi data pemilih," tukas Bupati.

Selain itu, Bupati mengatakan, perekaman E - KTP dan pembuatan Akta Kelahiran sangat berguna bagi masyarakat untuk melakukan segala urusan, seperti masuk sekolah, akses pelayanan kesehatan dan lain sebagainya.

"Maka itu, kepada masyarakat diharapkan juga harus menyadari pentingnya administrasi kependudukan. Untuk mengurus itu, bukanlah suatu hal yang sulit. Namun, manfaatnya akan dirasakan kelak," imbau Bupati.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ahmad Ramani menyebut, langkah 'jemput bola' perekaman E - KTP dan pembuatan Akta Kelahiran serta Akta Kematian yang dilakukan juga merupakan wujud realisasi program Dirjen Disdukpencapil, Kementerian Dalam Negeri, yakni 'Gerakan Sadar Adminduk'.

"Gerakan Sadar Adminduk dilaksanakan di berbagai tingkatakan daerah, mulai dari desa, kelurahan, kecamatan sampai Provinsi. Yang kami lakukan, merupakan bagian dari program Pemerintah Pusat, 'Gerakan Desa Sadar Adminduk'," urai Ahmad Ramani.

Di Desa Pasar Kembang, Keritang, Ahmad Ramani mengaku, antusiasme masyarakat untuk melakukan perekaman E - KTP dan pembuatan administrasi kependudukan lainnya begitu tinggi.

"Antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Masyarakat berbondong - bondong mendatangi lokasi perekaman. Dari pagi sampai malam mereka terus berdatangan, ada yang merekam E - KTP, ada juga yang mengurus Akta Kelahiran," ungkap Ahmad Ramani.

Ahmad Ramani, mengatakan, langkah 'Jemput Bola' yang menjadi bagian dari program 'Gerakan Sadar Adminduk' akan terus dilakukan secara berkesinambungan oleh Disdukpencapil Kabupaten Inhil.

"Target maksimal pemenuhan kebutuhan administrasi kependudukan harus mampu dicapai. Kita akan melanjutkan ke desa - desa lainnya karena manfaat dari adminduk sangat besar dalam setiap aspek kehidupan masyarakat," tandas Ahmad Ramani. (Adv/Yendra)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Bantuan Heli Ditambah Lagi hingga 7 Unit, Karhutla Riau Akhirnya Padam
  • Bersama Suzuki Nex II, Rika Rasakan Kepuasan dan Kenyamanan
  • Fiesta Green Tea Hadir di Kinanti Building
  • TNI AU akan Bangun Pos Udara di Bandara Tuanku Tambusai Rohul
  • The Premiere Hotel Pekanbaru Hadirkan Promo Kamar Spesial Juli
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved