Inhil
Pemkab Inhil | DPRD Inhil
 
 
+ INDEX BERITA

23/09/2019
Kabupaten Inhil Diguyur Hujan Deras, Asap Mulai Menghilang
23/09/2019
Bayi 6 Bulan di Inhil Punya Penyakit Langka, Sudah Satu Bulan Kulitnya Mengelupas
21/09/2019
Soal Keluhan Pasien di RSUD TS, BPJS: Harus Dirujuk Jika Tidak Ada Dokter Spesialis
21/09/2019
Disdukcapil Buka Pelayanan Adminduk di MTQ Inhil 2019 Mendatang
19/09/2019
Pasien RSUD Tengku Sulung Inhil Keluhkan Layanan BPJS Kesehatan
18/09/2019
Ditabrak Truk, Anak Pemulung di Inhil Menahan Sakit Butuh Bantuan Dermawan
16/09/2019
Pengambilan Sumpah Janji DPRD Inhil Diwarnai Unjuk Rasa Mahasiswa
14/09/2019
Kabut Asap Kian Pekat, MTQ Kabupaten Inhil Ditunda
13/09/2019
Bupati Inhil Turut Berjibaku Padamkan Api di Tempuling
13/09/2019
Komisi I DPRD Inhil Rapat Kerja Terakhir, Ini Pesan Yusuf Said
13/09/2019
Asap Tebal Selimuti Inhil, Jarak Pandang Terbatas, Keberangkatan Speed Boat Terganggu
13/09/2019
Kakek di Inhil Tewas Terbakar saat Padamkan Api di Lahannya yang Dilalap Si Jago Merah
12/09/2019
Diduga akibat Kabut Asap, Siswa SMA di Inhil Sesak Nafas saat Belajar
11/09/2019
Kabut Asap Kian Pekat, Disdik Inhil Liburkan Sekolah 2 Hari
11/09/2019
Tim Pantau Hotspot di Pulau Burung Inhil, Temukan Karhutla di Pelalawan
11/09/2019
Masyarakat Padati Event Wisata Gema Muharram 1441 H Inhil
10/09/2019
Tiga Organisasi di Inhil Adakan Diskusi Umum Antara Aturan Penolakan dan Kebebasan Beragama
09/09/2019
Pemkab Inhil harus Susun Program Pencegahan Karhutla
09/09/2019
Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Tembilahan Protes Buat Kuburan di Tengah Jalan
08/09/2019
LBDH Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Asrama Polisi dan Sebrang Tembilahan
 
HUT ke-74 RI, Bupati Inhil Hadiri Acara Pemberian Remisi Bagi Warga Binaan Lapas Tembilahan
Minggu, 18/08/2019 - 12:13:37 WIB
Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri acara pemberian remisi umum bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Tembilahan
Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri acara pemberian remisi umum bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Tembilahan
TERKAIT:

INHIL-Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri acara pemberian remisi umum bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Tembilahan dalam rangka HUT Proklamasi Republik Indonesia Ke - 74, Sabtu (17/8/2019).

Sebanyak 503 orang warga binaan Lapas Klas II A Tembilahan mendapatkan remisi dalam rangka HUT Proklamasi Republik Indonesia Ke - 74 tahun 2019. 3 orang warga binaan dinyatakan bebas setelah menerima remisi tersebut.

Menurut Bupati, sebagaimana tahun sebelumnya warga binaan akan diberikan remisi atau pengurangan masa hukuman setiap kali memperingati HUT Proklamasi Republik Indonesia. Remisi diberikan kepada narapidana dan anak yang menjalani binaan di Lapas maupun Lapas Khusus Anak.

"Remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku memperbaiki kualitas diri, meningkatkan kompetensi dan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri. Merek dapat mengembangkan usaha dalam membangun perekonomian nasional," papar Bupati yang membacakan pidato dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly pada pemberian remisi umum dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 74.

Lebih lanjut Bupati menegaskan, program Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan sesuai dengan tema perayaan ke-74 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yakni SDM Unggul Indonesia Maju, sama-sama memiliki fokus dalam upaya peningkatkan SDM. 

Ia juga mengajak semua pihak memandang persoalan kelebihan isi penghuni lapas dari sisi berbeda, yaitu sebagai modal utama dalam pembangunan nasional. “Kelebihan isi penghuni menunjukkan lapas/rutan sebenarnya memiliki aset dan potensi luar biasa untuk mendukung berjalannya kegiatan ekonomi kreatif sehingga pada akhirnya dapat penghasilkan Pendapatan Negara Bukan Pajak sebagai bentuk kontribusi Pemasyarakatan kepada negara,” tegas Bupati saat berpidato di hadapan para warga binaan penerima remisi.

Untuk itu, diharapkan kepada warga binaan yang masih menjalani masa hukuman maupun yang sudah bebas pasca pemberian remisi agar dapat patuh dan taat hukum serta norma sebagai bentuk tanggung jawab kepada Tuhan Maha Pencipta maupun sesama manusia.

Kepala Lapas Klas II A Tembilahan, Agus Pritiatno menjelaskan, remisi yang didapat oleh 503 warga binaan tersebut bervariasi dari sisi lama remisi yang diberikan. Besaran pemberian remisi terhadap warga binaan, dikatakan Agus bergantung pada lamanya warga binaan telah menjalani masa hukuman.

"Besaran tahun pertama 1 bulan, tahun kedua 2 bulan, tahun ketiga 3 bulan, tahun keempat 4 bulan, tahun kelima 5 bulan, tahun keenam 5 bulan, tahun ketujuh dan seterusnya itu 6 bulan," ungkap Agus.

Terdapat beberapa regulasi yang mengatur tentang pemberian remisi. Dasar pemberian remisi kepada warga binaan, diungkapkan Agus, mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat Dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 174 Tahun 1999 Tentang Remisi.

Agus menuturkan, remisi yang diberikan kepada warga binaan terbagi ke dalam 5 jenis, yakni remisi umum, remisi khusus, remisi atas dasar kepentingan kemanusiaan, remisi tambahan dan remisi susulan.

"Yang hari ini negara berikan kepada 503 orang warga binaan kita adalah remisi umum dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke - 74. Semoga dengan pemberian remisi ini, warga binaan kita atau warga binaan yang dinyatakan bebas pada hari ini dapat memperbaiki diri dan kehidupannya," tukas Agus.

Dalam acara pemberian remisi umum kala itu, turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Inhil, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, Kasdim 0314/Inhil, Wakapolres Inhil, Kepala KPPBC Tembilahan, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Inhil dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Pada acara itu pula, Bupati dan unsur Forkopimda Kabupaten Inhil beserta tamu lainnya berkesempatan untuk melihat karya seni dan keterampilan dari para warga binaan Lapas Klas II A Tembilahan.

Usai melihat - lihat, Bupati pun beranjak untuk meninjau langsung kondisi Warga Binaan Lapas Klas II A Tembilahan yang tengah berada di dalam sel. Tampak Bupati juga bertegur sapa dan berbicara dengan sejumlah warga binaan.(Adv)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Bantah Isu Beredar, Sujarwo Tegaskan Tetap Dukung Alfedri di Pilkada 2020
  • Pengurus Golkar Dumai Masih Akui Timo Kipda sebagai Pimpinan Partai
  • The Premiere Hotel Pekanbaru Kunjungi Panti Asuhan Dalam Rangka Hari Perdamaian Sedunia
  • Gubri Instruksikan Seluruh Kepala Daerah Pasang Police Line di Lahan Terbakar
  • Daihatsu Resmi Luncurkan New Astra Daihatsu Sigra di Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved