www.halloriau.com
Home
BREAKING NEWS :
Atlet Meranti Bawa Pulang 5 Medali dari Kejuaran Gulat Padang Sidempuan Sumut

Ribuan Umat Buddha Meriahkan Pawai Waisak
Senin, 08/05/2017 - 18:41:58 WIB
Rombongan PSMTI Riau dalam Pawai Waisak foto bersama. Foto IST<br>
Rombongan PSMTI Riau dalam Pawai Waisak foto bersama. Foto IST
TERKAIT:
 
 

PEKANBARU -  Sekitar 3 ribu umat Buddha Pekanbaru dari berbagai majelis, lembaga, ormas Tionghoa dan generasi muda Buddhis utusan beberapa sekolah meriahkan Pawai Waisak Bersama, Minggu (7/5/2017). Pawai dilepas Pembimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Tarjoko pukul 17.30 WIB.

Peserta pawai melewati rute Jalan A Yani - M Yamin - Jenderal Sudirman - Juanda dan berakhir di Jalan Karet atau Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru.

"Pawai Waisak untuk meningkatkan persaudaraan umat Buddha dari berbagai tradisi dan latar belakang yang dilaksanakan setiap tahun," kata Tarjoko kepada MRNetwork.

Pawai Waisak menampilkan simbol-simbol suci Agama Buddha seperti Buddharupang, kitab-kitab suci, benda-benda persembahan, pataka, bendera Buddhis dan Sang Saka Merah Putih.

Sambil berjalan mengelilingi beberapa ruas jalan, para peserta Pawai Waisak  memanjatkan doa-doa suci Buddhis yang dipimpin oleh para Bhikkhu/Bhiksu dan rohaniwan lainnya dari beberapa majelis/lembaga keagamaan Buddha.

Sementara itu, Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Riau, Dharmaji Chowmas mengatakan, pawai Waisak mendapat sambutan meriah dari umat Buddha Pekanbaru.

Menurut Kong On yang tahun ini dipercayakan sebagai ketua panitia Waisak Bersama Umat Buddha Pekanbaru, kegiatan Pawai Waisak merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan ritual Buddhis yang wajib digelar dalam Waisak sebagai hari raya utama bagi umat Buddha di seluruh dunia.

"Kami juga berdoa, semoga masyarakat, bangsa dan negara kita dijauhkan dari berbagai bencana, dapat hidup rukun sejahtera layaknya satu keluarga yang harmonis,” harap Kong On.

Setelah Pawai Waisak, di Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru dilaksanakan ramah tamah antar para hadirin dan pentas seni Buddhis secara sederhana sebagai salah satu Festival Waisak.

Penulis: Wisli
Editor: Unik Susanti

 


Potret Lensa
Aksi Solidaritas dari Riau untuk Palestina

Atraksi Bela Diri Prajurit TNI AD
 
Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved