Home
BREAKING NEWS :
Iwan: Kami Disuruh Lari dan tak Tahunya Sudah Tertembak

PSMTI Ingin Perayaan Kue Bulan Jadi Objek Wisata
Selasa, 02/10/2012 - 09:02:33 WIB
Festival Kue Bulan
TERKAIT:
 
  • Pedagang yang Mendapat Siksa
  • Festival Kue Bulan IKPTB Tanamkan Nilai-nilai Persaudaraan
  • PSMTI Ingin Perayaan Kue Bulan Jadi Objek Wisata
  •  

    SELATPANJANG-Ketua PSMTI Kabupaten Kepulauan Meranti, Iswanto SE MM MSc mengharapkan kepada Pemkab agar dapat menjadikan Perayaan Kue Bulan sebagai ajang pariwisata rutin setiap tahunnya di Kepulauan Meranti. Karena hal ini berpotensi menarik pengunjung dari luar daerah maupun negara luar.

    ''Semoga Pawai Lampion dan Perayaan Kue Bulan ini bisa menjadi bentuk budaya daerah Kepulauan Meranti dalam rangka memperkaya khasanah budaya dan meningkatkan Potensi Pariwisata Daerah,'' ujar Iswanto, Minggu (30/9) kemarin.

    Kegiatan ini, ungkapnya, merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di Kepulauan Meranti. Pawai kue bulan sendiri merupakan hari besar budaya masyarakat Tionghoa di Tiongkok sejak zaman dahulu. Pada pertengahan musim gugur menjelang purnama, masyarakat Tionghoa Tiongkok membuat kue tahunan dengan aneka ragam rasa dan aroma yang terbuat dari tepung khusus.

    ''Kue ini dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada dewa dewi masyarakat Tionghoa, juga wujud syukur para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu juga pembuatan kue ini sebagai penghormatan kepada dewi bulan,'' kata Iswanto.

    Pawai lampion perayaan kue bulan Minggu malam kemarin, diikuti ribuan masyarakat Tionghoa Selatpanjang. Dengan pertunjukan Tarian Naga dan Barongsai, selain itu juga diramaikan oleh kendaraan hias, tarian tradisional dan juga pekaian khas masyarakat suku-suku Tionghoa.

    Peserta pawai ini dilepas oleh Bupati dengan penyalaan lampion secara simbolis di depan Kantor PSMTI Kepulauan Meranti jalan Rumbia Selatpanjang, dan diteruskan dengan berkeliling kota. Pawai tersebut juga diikuti pelajar dari sekolah Patria Dharma, Sekolah Kasih Maitreya dan Yos Sudarso Selatpanjang. (Sus)

     


    Potret Lensa
    Sosialisasi Minat Baca

    Wagubri Lantik Pejabat Esselon III dan IV
     
    Eksekutif : Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
    Other : Iklan Baris Flag Counter
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2013 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved