www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Bupati Ajak Masyarakat Nobar Timnas vs Uzbekistan di Lapangan Tugu Bengkalis
 
Produktivitas TBS Tertinggi, KUD Sawit Subur Mitra Asian Agri Sukses Raih Penghargaan di Bunex 2023
Jumat, 08 September 2023 - 08:24:41 WIB
Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah Menyerahkan Penghargaan Kepada Ketua KUD Sawit Subur, Bambang Haji Sutjipto (foto/ist)
Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah Menyerahkan Penghargaan Kepada Ketua KUD Sawit Subur, Bambang Haji Sutjipto (foto/ist)

Baca juga:

Produktivitas TBS Tertinggi, KUD Sawit Subur Mitra Asian Agri Sukses Raih Penghargaan di Bunex 2023
KUD Bina Usaha Baru Sukses Replanting, Bemitra dengan Asian Agri
Asian Agri Raih Penghargaan Program PSR dari Kementan

TANGERANG - Koperasi Unit Desa (KUD) Sawit Subur, mitra Asian Agri di Riau meraih penghargaan kategori Produktivitas Tandan Buah Segar (TBS) Terbaik dengan Pola Kemitraan dalam Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Penghargaan diserahkan secara langsung Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah kepada Ketua KUD Sawit Subur, Bambang Haji Sutjipto, pada Kamis (7/9/2023). Penghargan itu diserahkan saat acara Perkebunan Indonesia Expo 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Andi Nur Alam Syah mengungkapkan bahwa Pemerintah berkomitmen penuh untuk memperbaiki tata kelola industri kelapa sawit Indonesia dari hulu ke hilir. Tata kelola tersebut dimulai dari benih unggul yang berkualitas dan bermutu serta bersertifikasi dengan didukung pengawasan, yang sangat berpengaruh pada peningkatan produksi dan hasil tanaman perkebunan.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa pembangunan perkebunan Indonesia telah masuk ke kurva kedua yang ditandai dengan 30-40% tanaman perkebunan di Indonesia yang sudah tidak produktif. Guna mengatasi hal tersebut diperlukan peremajaan atau replanting. "Oleh karena itu Kementerian Pertanian saat ini telah berkolaborasi dengan sektor swasta untuk menjaga perkebunan Indonesia agar tetap produktif, salah satunya melalui akselerasi program PSR,” tambah Andi Nur Alam Syah.

Ketua KUD Sawit Subur, Bambang Haji Sutjipto merasa sangat bangga akan penghargaan yang diberikan Kementerian Pertanian ini. Penghargaan ini tentu merupakan usaha seluruh anggota dalam menerapkan praktik terbaik dalam merawat dan mengelola kebunnya.

"Keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan mitra kami Asian Agri yang telah berjalan sejak tahun 1991 dalam program PIR Trans,” ujar Bambang.

KUD Sawit Subur yang berlokasi di Desa Kampung Baru, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau beranggotakan 454 KK petani yang mengelola 908 Ha kebun kelapa sawit. KUD ini melakukan program replanting tahap 1 dengan luas 492 hektare dan mencapai produksi TBS tertinggi sebesar 19,19 ton/hektare per tahun dalam kurun waktu TBM 3 (P3) melalui program Kemitraan dengan Asian Agri.

Saat ini kebun kelapa sawit KUD Sawit Subur telah memasuki TM 1 dan ditargetkan produktivitasnya akan mencapai sekitar 26 ton/hektare per tahun.

Head of Partnerships Asian Agri, Rudy Rismanto, menjelaskan bahwa kemitraan ini sudah seharusnya menempatkan kesejahteraan petani sebagai yang utama. Penghargaan yang diterima KUD Sawit Subur ini menjadi pencapaian yang positif dalam program kemitraan petani dan perusahaan yang berfokus meningkatkan kesejahteraan petani serta aspek keberlanjutan pengelolaan kelapa sawit.

"Ini juga merupakan bukti nyata bahwa PSR dan penggunaan bibit unggul dapat meningkatkan produktivitas TBS,” ujarnya.

Lebih lanjut Rudy mengungkapkan bahwa kemitraan dengan petani merupakan salah satu pilar dalam program berkelanjutan jangka panjang Asian Agri 2030 yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan hidup petani. Asian Agri berkomitmen untuk memberikan dukungan dan bimbingan dalam penerapan praktik berkelanjutan dan juga penyediaan benih kelapa sawit unggul Topaz yang dapat menunjang produktivitas TBS petani kelapa sawit. (rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Nobar pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 kontra Timnas Uzbekistan U-23, di Lapangan Tugu Bengkalis (foto/ist)Bupati Ajak Masyarakat Nobar Timnas vs Uzbekistan di Lapangan Tugu Bengkalis
Ketum YLPI Riau Lantik Komisaris dan Direktur PT Uira Usaha Investasa di Aula Fakultas Hukum UIR (foto/int)Ketum YLPI Riau Lantik Komisaris dan Direktur PT Uira Usaha Investasa
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution (foto/int)Pemko Pekanbaru Yakin Pembebasan Lahan Flyover Panam Tuntas Tahun Ini
  Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil (foto/Yuni)LAM Berikan Gelar Adat ke Kajati Riau, Ini Alasannya
Zulkarnain, anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru (foto/int)DPRD Pekanbaru Minta Sekolah Jangan Beratkan Orang Tua dengan Uang Perpisahan
Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar mengajak warga untuk NobarNobar Semifinal Piala Asia U-23 Malam Ini, Ada Makanan Gratis di Rumah Dinas Plt Bupati Meranti
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved