www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Tracks Kuansing Tambal Jalan Nasional Berlobang Depan Abdoel Rauf Teluk Kuantan
 
Masyarakat Desa Riding & PT BMH Tandatangani Kemitraan Kehutanan
Jumat, 21/04/2017 - 19:27:54 WIB

PALEMBANG – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) tengah giat menjalankan program Perhutanan Sosial seluas 12,7 juta hektar yang diimplementasikan dengan skema pemberian hak atau izin dalam pengelolaan Hutan Desa, izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan dan Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Tanaman Rakyat.

Sedangkan untuk skema perlindungan dan pengakuan diberikan kepada hutan hak dan kemitraan kehutanan.  

Hal ini diungkap Direktur Jenderal PSKL Hadi Daryanto usai pemberian Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK) kepada masyarakat Desa Riding yang telah melakukan kemitraan kehutanan dengan PT Bumi Mekar Hijau (BMH) pada Jumat (21/04/2017) di Desa Riding, Kecamatan Pangkalan Lampan, Kabupaten  Ogan Komiring Ilir (OKI) palembang. 

"Pemerintah menyambut positif upaya-upaya kemitraan kehutanan yang dilakukan masyarakat dengan sektor swasta guna mendukung  Program Perhutanan Sosial seluas 12.7 juta hektar," jelas Hadi Daryanto.                                          

Terjadinya klaim masyarakat Desa Riding atas area yang telah di bebani Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman Industri (IUPHHK-HTI) PT BMH dimulai sejak tahun 2005.  

Area sengketa di dalam konsesi perusahaan yang diklaim oleh masyarakat Desa Riding telah dipergunakan oleh masyarakat untuk lahan pertanian dengan cara pembukaan sistem sonor dan telah dimanfaatkan sebelum kegiatan operasional perusahaan berlangsung.                                                        
Direktur Impartial Mediator Network (IMN) Zazali  menerangkan bahwa proses penyelesaian konflik PT BMH dan masyarakat Riding dapat dijadikan contoh penyelesaian konflik antara masyarakat dan perusahaan.  

"Saya menilai penyelesaian konflik Desa Riding ini dapat dijadikan studi kasus yang baik sebagai percontohan bagi konflik tenurial lainnya" jelas Zazali.        

Sebelumnya, mediasi terhadap penyelesaian konflik juga telah dilakukan oleh IMN dalam penyelesaian konflik dengan PT. Surya Hutani Jaya (SHJ) dengan masyarakat Desa Manamang Kiri di Kalimantan Timur.              

Direktur Utama PT BMH Jhonson Lumban Tobing mengatakan, proses konflik yang berlangsung cukup lama tidak membawa manfaat bagi masyarakat dan perusahaan.

"Sudah saatnya kita bermitra dan saling mendukung untuk mencapai kemajuan bersama.  Saya sangat mendukung konsep kemitraan kehutanan dalam bentuk perhutanan sosial yang sedang diusung oleh pemerintah " kata Tobing.

Ia menambahkan, kemitraaan kehutanan ini akan dilakukan di areal seluas 10.000 hektar. "Zona pengelolaan kemitraan kehutanan ini akan diperuntukan bagi kawasan lindung sempadan sungai, lahan hijau untuk pakan kerbau, tanaman pangan, pemukiman penduduk serta penanaman akasia pola kemitraan dengan adanya tumpangsari palawija," jelas Tobing.  

"Penanaman akasia pola kemitraan dengan masyarakat ini nantinya akan mensuplai bahan baku kayu ke PT OKI Pulp and Paper," tambah Tobing.        

Dalam proses penyelesaian konflik ini,  Pemerintah melalui Direktorat Penyelesaian Konflik Tenurial dan Hutan Adat (PKTHA) telah membantu memfasilitasi proses penyelesaian konflik, hasilnya pada tanggal 16 Maret 2017, PT BMH dan masyarakat Desa Riding telah menandatangani kesepakatan perdamaian yang akan dilanjutkan dengan penandatanganan NKK oleh PT BMH dan masyarakat Desa Riding.

Editor: Yusni Fatimah
 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Tracks Kuansing Tambal Jalan Nasional Berlobang Depan Abdoel Rauf Teluk Kuantan
  • Bupati Mursini Minta Guru Tak Bantu Siswa Saat Ujian Nasional
  • Pengadaan Barang dan Jasa Bakal jadi Korban Realisasi APBD
  • Masyarakat Dukung Polres Bengkalis Selidiki Penjualan Buku Siluman
  • Pulang Umrah, Habib Rizieq Dipanggil Polisi Lagi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Telkomsel Serahkan Program CSR
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved