www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Miris, Guru PPKn Cabuli 18 Siswa Laki-laki di Sekolahnya, Modus untuk Penelitian
 
Keren! RSUD Tulungagung Jadi Rumah Sakit Terbaik di Dunia, Kok Bisa?
Rabu, 13/11/2019 - 14:36:24 WIB
 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung terbaik dunia bahkan kalahkan Uni Emirat Arab.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung terbaik dunia bahkan kalahkan Uni Emirat Arab.
TERKAIT:

JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung dinobatkan sebagai rumah sakit terbaik di dunia versi International Hospital Federation (IHF). Penobatan ini dalam bidang penyelenggaraan layanan publik atau Corporate Social Responsibility.

Penghargaan Gold Award ini diumumkan dalam forum International Hospital Federation Congress and Award ke-43. Forum ini diselenggarakan di Muscat, Oman.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa pun menyampaikan ucapan selamat. Dia mengaku bersyukur dan bangga karena salah satu rumah sakit di Jatim bisa mewakili Indonesia hingga meraih prestasi di level internasional.

"Selamat kepada RSUD dr Iskak Tulungagung karena prestasi ini tidak hanya membanggakan dan membawa nama baik Jatim tapi juga Indonesia di tingkat dunia. Sekali lagi selamat, Jawa Timur berbahagia dan bangga. Semangat dan sukses Tulungagung," kata Khofifah di Surabaya, Selasa (12/11/2019).

Selain itu, Khofifah ingin prestasi ini bisa diikuti dan menjadi contoh bagi seluruh rumah sakit di Jawa Timur, agar semakin baik ke depan.

"Penghargaan ini harus menjadi motivasi dan semakin memacu rumah sakit lain di Jatim untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," imbuhnya, dilansir detik.

Sebelumnya, penghargaan berupa piagam ini diterima secara langsung oleh Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, dr Supriyanto Dharmoredjo. Prestasi ini diraih karena inovasi manajemen pelayanan publik yang terus dilakukan RSUD dr Iskak Tulungagung melalui 'The New Concept Hospital Management combined with Public Safety Centre (PSC)'.

Inovasi ini menjadi sebuah solusi baru manajemen perumahsakitan Indonesia di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan karakter biaya rendah dan berkualitas tinggi. Konsep ini kemudian dipadukan dengan PSC yang merupakan pusat keselamatan, keamanan dan kenyamanan terpadu dengan layanan call center di 119 atau 0355-320119.

Bukan hanya dinobatkan sebagai RS terbaik, sang direktur, dr Supriyanto Dharmoredjo SpB FINACS MKes juga dinobatkan sebagai direktur RS terbaik sedunia.

Dokter Supriyanto Dharmoredjo yang menghadiri penobatan di Muscat Oman, tiba di Indonesia pada Senin (11/11/2019) malam.

Menurut dr Supriyanto, penghargaan ini tidak lepas dari keberhasilan RS yang dipimpinnya, keluar dari masa-masa sulit belum terbayarnya klaim BPJS Kesehatan. Kesulitan ini juga dialami oleh RS lain di seluruh Indonesia.

Bahkan saat klaim belum dibayar oleh BPJS Kesehatan sejak lima bulan terakhir, RS ini masih mampu eksis tanpa goyah. Termasuk memberikan pelayanan gratis kepada warga kurang mampu, non-kartu BPJS/KIS.

RSUD dr Iskak juga tidak punya utang jasa medis maupun biaya operasional, tanpa suntikan anggaran bermakna dari pemerintah pusat maupun Pemkab.

“Kami bahkan satu-satunya Rumah Sakit Rujukan Regional Indonesia yang tidak pernah mendapatkan dana pembinaan dari DAK Kementerian Kesehatan,” tutur dr Supriyono, Selasa (12/11/2019).

Dokter Supriyanto mengungkapkan, prestasi ini juga ditunjang new concept hospital management dipadukan dengan sistem Public Safety Centre (PSC).

Inovasi berbasis teknologi informasi besutan dr Supriyanto ini menjadi andalan layanan kedaruratan medis warga Tulungagung. PSC telah diadopsi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menjadi program nasional.

Dengan PSC memungkinkan mengirim bantuan kedaruratan kepada masyarakat secara cepat, tepat dan akurat.

Bukan hanya masalah kesehatan, namun juga berkolaborasi dengan institusi lain, seperti Kepolisian, Dinas Kebakaran, maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Layanan ini bisa diakses 24 jam, tanpa diskriminasi sosial, ras, agama maupun status ekonomi. Semuanya gratis bagi yang tidak mampu,” tegas dr Supriyono.

Dokter Supriyanto juga memperkenalkan new concept hospital management (konsep baru manajemen rumah sakit) berkarakter low cost, high quality and hospital social responsibility (biaya murah, kualitas tinggi dan tanggung jawab sosial).

Konsep baru ini sebenarnya yang menjadi roh dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Konsep ini menjamin penyelenggaraan perumahsakitan yang murah dan berkualitas tinggi.

 “Mendapatkan award sebagai Manager Rumah Sakit terbaik sedunia, tentu saja saya senang dan bangga. Karena bukan hanya sekadar mengharumkan nama institusi dan Kabupaten Tulungagung tetapi juga Negara Indonesia,” pungkas dr Supriyanto. (*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Miris, Guru PPKn Cabuli 18 Siswa Laki-laki di Sekolahnya, Modus untuk Penelitian
  • Menang 4-2 Atas Myanmar, Garuda Muda Maju ke Final SEA Games 2019
  • Inhil Hamparan Kelapa Dunia, tapi Harga Tidak Berpihak ke Petaninya
  • Semarak Kampung Bersama Yamaha FreeGo
  • HUT ke-42, BPJamsostek Rengat Rayakan Bersama Anak Yatim
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Potret Lensa
    AFFCO Riau Lepas Finalis KBANNOVATION 2109
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved