www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Special Kartini Day Agung Toyota SM Amin Bertabur Hadiah
 
Hemat Capai Rp550 Miliar
SKK Migas Gandeng Internasional Solar Turbines
Minggu, 12/11/2017 - 20:28:53 WIB

PEKANBARU - Satuan Kerja Khusus  Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menginisiasi kesepakatan strategis (strategic agreement) dengan Solar Turbines International Company. Kesepakatan strategis tersebut ditandatangani Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Presiden Solar Turbines, Pablo Koziner, yang diwakili oleh Vice President Customer Services, Solar Turbines, Juan Rojas di kantor SKK Migas, Jakarta, Rabu kemarin.

Estimasi penghematan dari kesepakatan strategis ini dalam lima tahun diperkirakan mencapai US$40,67 juta atau sekitar Rp550 miliar. Penghematan ini berasal dari diskon pembelian dan perawatan yang sama untuk seluruh kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS) yang ada di Indonesia. 

Solar Turbines juga bertanggung jawab atas pengelolaan suku cadang terhadap penggunaan mesin-mesin yang ada di Indonesia.

"Tidak hanya untuk mendapatkan efisiensi biaya, yang paling penting kerja sama ini akan meningkatkan kapasitas nasional," kata Amien dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, SKK Migas mendorong Solar Turbines untuk membuat road map investasi di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia (SDM), membangun fasilitas manufaktur, serta menjadikan Indonesia sebagai pusat pasar Solar Turbines di Asia Pasifik. 

"Mereka telah menyatakan komitmennya terhadap hal tersebut untuk meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri Indonesia," katanya.

Di Indonesia, ditemukan beberapa merk turbomachinery, yang meliputi turbin dan/atau peralatan dengan penggerak utama turbin, seperti yang terdapat pada kompresor dan pompa. Saat ini, Solar Turbines menjadi peralatan turbomachinery terbesar yang digunakan di Indonesia dengan persentase mencapai 81 persen. 

Deputi Pengendalian Pengadaan, SKK Migas, Djoko Siswanto menjelaskan, melihat jumlah yang cukup signifikan ini, SKK Migas merasa perlu membuat kesepakatan strategis. Selain efisiensi biaya dan peningkatan kapasitas nasional, kesepakatan ini dapat meningkatkan kehandalan operasi dan menjamin dukungan layanan purna jual.

"Harapannya, penghentian operasi yang tidak direncanakan (unplanned shutdown) dapat diminimalisir," kata dia.

Djoko mengungkapkan, sebelum adanya kesepakatan strategis ini, kerap kali ditemukan beberapa permasalahan yang muncul di lapangan. Contohnya, adanya diskon yang berbeda di antara kontraktor KKS. Hal ini diakui Direktur Utama PT. Indoturbines, Deny B. Kurnianto selaku agen tunggal Solar Turbines di Indonesia. 

Menurutnya, besaran diskon sangat beragam tergantung dari jumlah pembelian yang dilakukan oleh masing-masing Kontraktor KKS. Makin besar pembelian yang dilakukan, makin besar pula diskon yang dapat diberikan. 

"Adanya kesepakatan ini, diskon yang diberikan sama untuk seluruh Kontraktor KKS," katanya.

Selain mengenai besaran diskon, acap kali ditemukan adanya pemesanan inventori dari masing-masing Kontraktor KKS yang sering memunculkan tambahan biaya logistik dan pergudangan, serta fungsi peralatan menjadi kurang maksimum disebabkan karena waktu tunggu suku cadang yang cukup memakan waktu. 

Tidak hanya itu, salah satu hal yang kerap menghambat proses pemeliharaan turbomachineries ini karena kegiatan overhaul dan pemeliharaan untuk tipe-tipe mesin tertentu masih harus dilakukan di kantor pusat Solar Turbines di Amerika Serikat. 

"Belum ada training center untuk produk Solar Turbines ini di Indonesia," kata Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa, SKK Migas, Erwin Suryadi.

Dia berharap kontrak antara Solar Turbines dengan masing-masing Kontraktor KKS dapat segera diimplementasikan. Menurutnya, kesepakatan strategis ini mendapatkan respon yang baik dari Kontraktor KKS. SKK Migas dianggap dapat menjadi mitra kerja yang berorientasi pada efisiensi biaya dan kecepatan pengambilan keputusan guna menjaga produksi migas Indonesia. 

SKK Migas, kata dia, akan terus melakukan terobosan-terobosan positif lainnya guna menciptakan efisiensi di industri hulu migas Indonesia. 

"Iklim investasi hulu migas di Indonesia akan semakin menarik dengan adanya terobosan-terobosan ini," kata Erwin.
 
Penulis: Herlina
Editor : Yusni Fatimah

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Special Kartini Day Agung Toyota SM Amin Bertabur Hadiah
  • Warga Tanjung Rhu Coblos Nomor 4 karena Andi Rachman sudah Banyak Bangun Pekanbaru
  • Walikota Dumai Tanam 1.000 Mangrove di Sungai Dumai
  • Dompet Dhuafa Pendidikan Ajak Anak Mengenal Budaya Indonesia Sejak Dini
  • Suzuki All New Satria F150, Konsisten Menjadi Motor Bebek Terbaik Motor Plus Award 2018
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rapat AREBI Jelang Musda dan Pelantikan
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved