www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Perkuat Silaturahmi, PT BSP Gelar Buka Puasa Bersama Jurnalis dan Perusahaan Media
 
Lanjutkan Agenda Transformasi 3R, XL Axiata Tingkatkan Eksekusi Bisnis di 2017
Rabu, 08 Februari 2017 - 10:40:51 WIB

PEKANBARU - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) akan melanjutkan agenda transformasi bisnis 3R (Revamp, Rise Up, Reinvent) di tahun 2017. XL Axiata memandang strategi transformasi tersebut telah mampu mendorong pencapaian kinerja perusahaan yang cukup positif di sepanjang tahun 2016. Karena itu, pada 2017 ini XL Axiata akan lebih meningkatkan eksekusi atas agenda transformasi bisnis yang telah dimulai sejak tahun lalu tersebut. 

Ada tiga hal yang menjadi titik berat, yaitu menyediakan jaringan Data yang lebih kuat, segmentasi pasar yang terfokus, serta menawarkan layanan Data yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
 
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyatakan pihaknya telah menyusun sejumlah rencana strategis untuk bisnis di 2017. 

"Secara umum, kami akan terus berfokus pada penyediaan layanan Data yang berkualitas. Untuk itu, dari sisi jaringan, kami akan secara agresif melanjutkan perluasan jaringan internet cepat, baik dengan 3G, maupun 4G dan juga 4,5G, ke wilayah yang lebih luas hingga ke daerah pelosok di luar Jawa. Dengan begitu, pada 2017 ini nanti akan semakin banyak wilayah di Indonesia yang terlayani dengan internet cepat dari XL Axiata. Kami anggarkan lebih dari 80% dari capex yang sebesar Rp 7 triliun untuk memperkuat kualitas jaringan ini. Jika regulasi mengenai Network Sharing bisa dijalankan, maka langkah dalam penyediaan layanan Data ini kami akan bisa lebih agresif lagi," ujarnya. 
 
Dian melanjutkan, tantangan XL Axiata di tahun 2017 masih cukup terjal. Namun, manajemen XL Axiata yakin sepenuhnya akan bisa melaluinya dan mencapai target-target yang telah dicanangkan. Dengan strategi bisnis yang telah dicanangkan untuk menghadapi tantangan di 2017, XL Axiata membidik pertumbuhan yang selaras dengan pertumbuhan industri. 

"Tahun lalu, XL Axiata mencatat laba sebesar Rp 376 miliar, dibandingkan dengan rugi sebesar Rp 25 miliar di 2015. Laba tersebut diperoleh dari dampak positif atas penguatan Rupiah terhadap USD, serta hasil dari penjualan menara," ungkapnya. 
 
Optimisme untuk meraih kinerja yang meningkat tahun ini juga didukung oleh kesuksesan XL Axiata dalam merealisasikan dua tujuan agenda pengelolaan neraca keuangan (Balance Sheet Management) yaitu mengurangi beban hutang dan meminimalkan dampak dari fluktuasi Forex. Sehubungan dengan itu, di tahun lalu XL Axiata juga telah menuntaskan agenda Rights Issue serta penjualan dan penyewaan kembali menara tahap kedua 2016, yang berdampak positif pada meningkatnya fundamental keuangan perusahaan pada level yang sama dengan sebelum mengakuisisi Axis awal tahun 2014. 

"Hal ini telah menjadikan neraca keuangan XL Axiata lebih kokoh dan fleksibel sehingga perusahaan bisa lebih fokus untuk melakukan pembangunan dan peningkatan jaringan," ungkapnya. 
 
Lanjutnya, untuk tahun 2017 ke depan, pada sisi segmentasi, XL Axiata akan menyasar segmen pasar yang berbeda. Untuk itu, akan dibangun model bisnis berbasis layanan Data dengan memanfaatkan brand XL dan AXIS. Brand XL akan lebih menyasar segmen pekerja white collar hingga blue collar dan ibu rumah tangga. 

"Pada layanan pascabayar, XL PRIORITAS dengan segmen premium yang lebih mengutamakan kualitas layanan tinggi dan tidak resisten dengan harga. Sementara itu, produk AXIS ditempatkan untuk menyasar segmen anak muda. Hingga akhir 2016 lalu, XL Axiata berhasil meningkatkan jumlah pelanggan menjadi 46,5 juta. Bisa disimpulkan, segmentasi yang kuat dan terarah telah mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Karena itu, XL Axiata akan lebih meningkatkan lagi jumlah pelanggan di tahun 2017 ini," terangnya.
 
Pada sisi produk layanan, XL Axiata akan menghadirkan berbagai layanan Data yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Produk layanan yang inovatif akan dihadirkan untuk menjawab beragam kebutuhan pelanggan dan masyarakat. 

Selain itu tentu juga menyesuaikan dengan trend konsep komunikasi yang sangat dinamis dalam mengeksplorasi kecanggihan teknologi digital. Konten-konten video diperkirakan akan terus berkembang. XL Axiata mengidentifikasi, permintaan layanan Data juga terus meningkat di kalangan pelanggan yang bermukin di pelosok daerah, tidak lagi hanya dari daerah perkotaan. Salah satu trend yang juga tertangkap oleh XL Axiata adalah antusiasme masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonomi digital.
 
Untuk menjawab kebutuhan masyarakat atas layanan yang mampu mendukung aktivitas bisnis, XL Axiata juga akan terus memperkuat layanan bagi pelanggan korporasi dan terutama kalangan usaha kecil menengah (UKM). 

XL Axiata akan menempatkan diri sebagai enabler bagi ekonomi digital yang dijalankan masyarakat. Hal ini sudah mulai dilaksanakan tahun 2016 lalu dengan meluncurkan Paket Sukses, yang menggabungkan layanan voice dan SMS unlimited untuk pengusaha dengan para karyawan, internet di 2G/3G/4G, dan mifi mobile broadband "XL Home" dengan harga terjangkau. Pada layanan tersebut XL Axiata akan terus mengembangkan layanan ini sehingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan masyarakat untuk memajukan bisnisnya. Dengan cakupan jaringan internet cepat yang terus meluas ke berbagai daerah secara signifikan, maka XL Axiata membuka peluang bagi masyarakat yang lebih luas untuk mendapatkan paket layanan solusi untuk UKM tersebut.
 
Selain itu, XL Axiata juga akan terus mencari peluang baru dengan menyediakan ekosistem layanan Data bagi kalangan masyarakat yang selama ini relatif belum terjangkau layanan telekomunikasi dan internet secara massif. 

"Mereka antara lain kalangan petani, nelayan, dan masyarakat pelaku bisnis kecil di pedesaan. Selain berharap dari perluasan jaringan Data yang sedang dilakukan, XL Axiata  juga akan berusaha mencari terobosan untuk bisa menyediakan jaringan Data yang mumpuni di wilayah belum terjangkau jaringan XL. Misalnya melalui jaringan satelit, dengan menggandeng mitra di bidang tersebut. Sebagai pilot project, XL Axiata sudah  menjalankan hal ini di pedalaman Kabupaten Karangananyar, Jawa Tengah dalam mengimplementasikan aplikasi digital untuk petani," ungkapnya lagi. 
 
Solusi layanan Data digital juga akan XL Axiata terus kembangkan untuk merespon kebutuhan kalangan industri secara umum yang ingin bertransformasi menyesuaikan diri dengan era digital. XL Axiata antara lain sudah berkomitmen untuk membantu kalangan industri kreatif dalam usaha mereka memanfaatkan teknologi digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan potensial. Melalui solusi digital dan jaringan internet cepat yang terus meningkat, XL Axiata membantu mereka meningkatkan kualitas keterhubungan dengan antara produsen atau pencipta produk kreatif dengan para pelanggan atau penggemarnya. Keterhubungan yang terjalin dipercaya di antara mereka akan mampu memunculkan ruang kreatif dan sekaligus pasar yang lebih loyal lagi. XL Axiata sudah mulai mengimplementasikan komitmen tersebut pada awal 2017 ini untuk mendukung penyanyi cilik Naura dan aplikasi khusus film Indonesia "MOX". (Rls) 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
PT Bumi Siak Pusako (BSP) menggelar buka puasa bersama jurnalis dan perusahaan media di Riau (foto/budy)Perkuat Silaturahmi, PT BSP Gelar Buka Puasa Bersama Jurnalis dan Perusahaan Media
Agung Toyota buka bersama komunitas, media, dan TVC di Pekanbaru (foto/budy)Buka Puasa Bersama Komunitas, TVC dan Media, Agung Toyota Berbagi dengan Anak Yatim
Ilustrasi hujan guyur Pekanbaru dan sekitar (foto/int)Hujan Lebat Diprediksi Guyur Pekanbaru dan Sekitar, BMKG: Waspada Angin Kencang
  Petani sawit Riau diajak berinvestasi emas Antam untuk stabilitas finansial (foto/ilustrasi)Investasi Emas Pilihan Tepat untuk Petani Sawit Riau untuk Mengelola Aset
Bupati Rezita meresmikan keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum pertama di Inhu (foto/ist)Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Pertama di Inhu Diresmikan, Ini Pesan Bupati
Ilustrasi petugas memadamkan kebakaran lahan di Provinsi Riau (foto/int)Pelalawan dan Meranti Terbanyak Sumbang Hotspot di Riau Hari Ini
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved