Ekonomi
BREAKING NEWS :
Subhanallah, Bayi Palestina Ini Lahir Setelah Ibunya Tewas Dibunuh Tentara Israel
 
Dari Kunker Bupati
BUMdes Marga Mulya Berkembang Rp1,5 M
Selasa, 08/02/2011 - 19:34:43 WIB

TERKAIT:

RAMBAH SAMO- Badan Usaha Milik desa (BUMdes) Mitra Usaha Mulya di Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo, dari modal awal Rp450 juta, kini sudah berkembang menjadi Rp1,5 miliar. Bahkan di BUMdes tersebut, terdapat tabungan masyarakat sebesar Rp500 juta lebih dan kini persentasenya mencapai 99,25 persen.

Data itu disampaikan kepala Desa (Kades) Marga Mulya, Mardiyanto dihadapan Bupati Rohul Drs H Achmad M.Si, Senin (7/2), saat kunjungan kerja Bupati ke BUMdes Mitra Usaha Mulya.

Menurut Kades, dari dana awal Rp200 juta kemudian ditambah lagi Rp250 juta, kini sudah dikembangkan menjadi BUMdes. Bahkan dengan adanya BUMdes, kini masyarakat desa bisa membuka berbagai usaha ekonomi kerakyatan, termasuk menambung di BUMdes.

" Saat ini, BUMdes sudah berkembang pesat, dimana dari modal awal yang ada Rp450 juta kini sudah berkembang menjadi Rp1,5 miliar. Ini berkat kerjasama yang keras antara pemerintah desa dengan seluruh elemen masyarakat,"terangnya.

Disamping perkembangan BUMdes, Kades juga mengatakan, bahwa saat ini pembangunan di desa mereka sudah memadai, baik untuk kesehatan, pendidikan. Namun dengan pesatnya perekonomian masyarakat khususnya diperdagangan, Kades berharap agar pemkab bisa membantu pembangunan los pasar, sehingga pasar bisa beraktifitas dengan baik dan roda perekonomian akan meningkat.

Bahkan dari laporan Direktur BUMdes Santoso dalam perkembangan BUMdes di Desa Marga Mulya, dimana awalnya sebelum BUMdes berdiri bermodalkan dana Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) sebesar Rp450 juta di tahun 2005. Kemudian, tahun 2009 UED-SP berkembang menjadi BUMdes dan merupakan BUMdes pertama di Rohul bahkan di Provinsi Riau.

"Tahun 2009, kemudian darin UED-SP menjadi BUMdes yang ditetapkan Dirjen PMD sebagai BUMdes Marga Mulya, yang mendapatkan dana stimulant sebesar Rp50 juta selama 3 tahun berturut-turut, namun yang baru diterima hanya sekali,"jelas Santoso.

Dari dana BUMdes yang berkembang menjadi Rp1,5 miliar, tunggakan hanya sebesar Rp8 juta lebih, atau persentase tingkat pengembaliannya mencapai 99,25 persen dengan pemanfaat (peminjam) 187 orang.Bahkan BUMdes memiliki laba kotor Rp400 juta lebih selama 1 tahun 4 bulan, malahan BUMdes Marga Mulya kini banyak dikunjungi dari kabupaten tetangga maupun provinsi lainnya.

 Pada kesempatan itu, Bupati Achmad, menyerahkan dana stimulan dari Dirjen PMD Rp50 juta, serta dana social dari BUMdes masing-masing Rp1 juta untuk Masjid Ulul Albab, Miftahul Huda, Baitul Akla, Sirotulmustaqim, Al Falah dan bantuan untuk 2 pengurus PDTA, serta untuk pemuda, juga 8 buah bola volley dan 3 klub serta kostum bola.

Bupati menyatakan, bahwa BUMdes di Marga Mulya, telah berkembang pesat dimana tingkat pengembaliannya menncapai 99,25 persen atau tunggakannya hanya 0.75 persen. Untuk itu, Pemkab serius akan mengembangkan terus BUMdes di Rohul, dan terus mendapatkan perhatian bentuk meningkatkan kesejahteraan guna mengurangi kemiskinan di Rohul.

"Kita komitmen, menuntaskan kemiskinan di Rohul, salahsatunya dengan peningkatan BUMdes yang sudah kita lihat bisa bermanfaat. Tentunya, saya berharap agar BUMdes dikelola terus dengan baik, namun harus transparan, jujur sehingga keberadaan BUMdes yang juga menjadi percontohan, terus kita kembangkan dan diperhatikan,"kata Bupati. (Fer)

 

Maklumat……….

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0813 6503 1931 atau
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Subhanallah, Bayi Palestina Ini Lahir Setelah Ibunya Tewas Dibunuh Tentara Israel
  • Korban Tewas Lakalantas Selama Mudik di Riau Capai 14 Jiwa
  • Antrian Padat, Mobdin BM 8 D Nekad Terobos Pelabuhan Penyeberangan
  • Diselimuti Asap, Pedagang Masker Menjamur di Pasir Pangaraian
  • Objek Wisata Minim, Warga Padati Taman Rekreasi Alam Mayang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Tim Sales Counter Suzuki Arengka
     
    Eksekutif : Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
    Other : Iklan Baris Flag Counter
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2014 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved