www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Tampil Serasi, Pj Gubri dan Istri Ikut Catwalk Wastra Nusantara BBI BBWI
 
BI Riau Proyeksikan Kebutuhan Uang Rp 6,031 Triliun Selama Ramadan dan Idulfitri 2024
Rabu, 20 Maret 2024 - 17:57:41 WIB

PEKANBARU – Bank Indonesia (BI) Riau telah memastikan bahwa kebutuhan uang kartal bagi masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri Tahun 2024 akan terpenuhi dengan baik, baik dari segi jumlah maupun pecahan.

Diperkirakan kebutuhan uang secara nasional akan meningkat menjadi Rp 197,6 triliun, naik 4,654 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Wilayah Riau sendiri membutuhkan sekitar Rp 6,031 triliun, meningkat sebesar 13,8 persen dari tahun sebelumnya.

Selaras dengan peningkatan tersebut, transaksi non-tunai melalui SKNBI dan RTGS juga mengalami pertumbuhan yang signifikan, mencapai 52,596 dan 122,36 persen lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Demikian pula, penggunaan ORIS dan kartu kredit untuk pembayaran tagihan menunjukkan tren yang beragam.

Bank Indonesia secara nasional telah meluncurkan program SERAMBI 2024 (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri tahun 2024) dengan tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

"Program ini bertujuan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan uang, terselenggaranya layanan kas, dan meningkatkan edukasi dan komunikasi terkait penggunaan uang selama bulan Ramadan," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Panji Achmad saat kickoff program SERAMBI 2024, Rabu (20/3/2024).

Ia mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di tempat-tempat penukaran resmi seperti unit perbankan, Kas Keliling Bank Indonesia.

"Silahkan tukar uang baru pada kegiatan layanan penukaran yang bersama Bank Indonesia dan perbankan untuk menghindari risiko pengedaran uang palsu," pesannya.

Ketersediaan uang kartal oleh BI dan perbankan telah dimulai sejak tanggal 15 Maret hingga 05 April 2024. Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan akan dilaksanakan pada tanggal 25, 26, dan 27 Maret 2024 di halaman samping Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs pintar.bi.go.id.

Editor: Riki



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pesona Wastra Nusantara. Gebyar Gernas BBIBBWI dan Lancang Kuning Carnival tahun 2024.Tampil Serasi, Pj Gubri dan Istri Ikut Catwalk Wastra Nusantara BBI BBWI
Partai NasDem.Delapan Tokoh Tercatat Sudah Mengambil Formulir Bakal Calon Gubernur Riau dari Partai NasDem. Ini Namanya
PT PHR menggelar talk show dengan yang menghadirkan narasumber Salman Subakat, CEO NSEI Part of Paragon Corporation.(foto: istimewa)Talk Show Bertajuk Tuan Dukung Puan, Bentuk Komitmen PHR untuk Kesetaraan Gender
  ilustrasi tes CPNS.Siap-Siap! Seleksi CPNS 2024 Dibuka Juni 2024, Cek Jadwal dan Formasinya
Konser Virgoun di Lancang Kuning Carnival diguyur hujan.(foto: sri/halloriau.com)Meski Diguyur Hujan, Ribuan Masyarakat Tetap Antusias Nonton Konser Virgoun
Ribuan masyarakat padati halaman kantor Gubernur Riau jelang pembukaan Gernas BBI-BBWI dan Lancang Kuning Carnival 2024.(foto: risnaldi/halloriau.com)Ribuan Masyarakat Mulai Padati Kawasan BBI-BBWI dan Lancang Kuning Carnival
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kajati Riau Ditabalkan Gelar Adat di Balai Adat LAMR
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved