www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pengamanan Natal Tahun 2019, Polres Inhil Antisipasi Orang Mabuk dan Pemotor Kebut-kebutan
 
Pertamina RU II Dumai Tanam 2.000 Bibit Mangrove di Pantai Guntung
Senin, 16/09/2019 - 06:15:52 WIB
 Pjs Unit Manager Comm & CSR Pertamina RU II, Kevin Kurnia menyerahkan bibit mangrove kepada Camat Medang Kampai Kota Dumai.
Pjs Unit Manager Comm & CSR Pertamina RU II, Kevin Kurnia menyerahkan bibit mangrove kepada Camat Medang Kampai Kota Dumai.
TERKAIT:

DUMAI - Sebagai salah satu wilayah yang terdapat di pesisir bagian timur Provinsi Riau, Dumai memiliki garis pantai sepanjang 135 KM yang membentang dari timur hingga barat. Maka tak heran jika kota ini menyimpan potensi wisata pesisir yang cukup banyak, seperti wisata hutan bakau ataupun pantai.

Namun demikian kondisi saat ini masih ada beberapa titik pantai di kota Dumai yang belum termaksimalkan sebagai wisata dan juga masih memiliki masalah alam terkait abrasi atau pengikisan tanah akibat pasang air laut. 

Melihat hal tersebut PT Pertamina RU II Dumai bersama dengan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Pecinta Alam Bahari (PAB) Dumai melaksanakan penanaman 2.000 bibit mangrove di Kelurahan Guntung Kecamatan Medang Kampai, Kamis (12/9/2019).

Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU II Muslim Dharmawan mengungkapkan Pertamina senantiasa melakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dijalankan.

“Ini merupakan salah satu program TJSL kami di pilar Pertamina Hijau atau lingkungan, khususnya terkait penanggulangan abrasi pantai yang kerap terjadi di pesisir Kota Dumai, termasuk di Pantai Guntung,” sebut Muslim

Kondisi di Pantai Guntung saat ini, menurut Muslim, masih sedikit sekali terdapat pohon mangrove yang ditanam oleh masyarakat di tahun 2014-2015, sehingga abrasi di daerah tersebut masih cukup tinggi.

“Kedalaman air ketika pasang bisa mencapai 1 meter atau sepinggang orang dewasa, sehingga kalau tidak segera dilakukan penanaman mangrove dari sekarang, mungkin 2 atau 3 tahun ke depan bisa semakin dalam lagi,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa bibit mangrove yang ditanam dibeli dari LSM PAB atau kelompok pembibitan yang ada di Bandar Bakau Dumai.

“Usia bibit mangrove yang  kami beli berusia 4 hingga 7 bulan atau dengan tinggi tanaman antara 40 hingga 70 cm. Jenis mangrovenya adalah Avicenia Alba (Api-api Putih), Avicenia Rumhiana (Api-api Jambu), Rhizophora Mucronata (Bakau Merah), dan Rhizopora Apiculata (Belukap) yang dinilai sesuai dengan keadaan tanah di Guntung,” tutur Muslim

Terkait pendampingan penanaman dan monitoring pemeliharaan, Muslim mengaku menggandeng LSM PAB yang merupakan salah satu penggiat mangrove dan telah berhasil di Dumai.

“Harapan kami masyarakat di Guntung bisa komitmen tidak hanya menanam saja tapi juga mau merawat mangrove yang sudah ditanam. Gak menutup kemungkinan nantinya jika 2.000 bibit yang ditanam saat ini berhasil tumbuh dan semakin rindang bisa seperti yang ada di Bandar Bakau di Dumai Barat yang selama ini dikelola oleh PAB,” ungkap Muslim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dumai Satrio Wibowo yang hadir pada saat seremoni penanaman menyampaikan apresiasinya kepada pihak Pertamina atas program TJSL yang dijalankan berkenaan dengan lingkungan.

“Selama ini Pertamina banyak membantu tugas kami mengelola lingkungan hidup di Kota Dumai dengan program TJSL-nya, harapan kami bisa terus dipertahankan dan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya,” harap Satrio. 

Penulis: Bambang
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Pengamanan Natal Tahun 2019, Polres Inhil Antisipasi Orang Mabuk dan Pemotor Kebut-kebutan
  • Tujuh JPU Diturunkan pada Sidang Dugaan Korupsi Kredit Mantan Pimcab BRK
  • KPK Panggil Dua Saksi Korupsi Pembangunan Jembatan di Kampar
  • Smartfren Umumkan Pemenang Undian WOW Tahap Ketiga
  • Banjir Telan Korban Jiwa, Walhi Kritik Kampanye Gubernur 'Riau Green'
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Kopdar Bulanan Member Affco Riau
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved