www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Jualan Daihatsu Mei 2019 Naik 16 Persen
 
Harapkan Kemudahan Dapatkan Pupuk, Apkasindo Riau dan Pupuk Kaltim Teken MoU
Rabu, 04/04/2018 - 19:42:37 WIB
Ketua Apkasindo Riau, Gulat Medali Emas Manurung, menandatangani MoU bersama Djoni, perwakilan dari PT Pupuk Kaltim. Foto Lina
Ketua Apkasindo Riau, Gulat Medali Emas Manurung, menandatangani MoU bersama Djoni, perwakilan dari PT Pupuk Kaltim. Foto Lina
TERKAIT:

PEKANBARU - Produktivitas kelapa sawit aktual petani pada umumnya masih relatif rendah, yaitu 15 persen sampai 35 persen, jauh di bawah produktivitas potensial. Kondisi itu membuat tidak sedikit petani sawit yang frustasi karena biaya produksi tidak kunjung tertutupi dari hasil Panen TBS yang pada ujung-ujungnya kebun sawitnya ditelantarkan.

Untuk itulah Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Riau mencari terobosan untuk meningkatkan produksi TBS Sawit Petani. Terobosan itu menurut Ketua Apkasindo Riau, Gulat Manurung, Rabu (4/4/2018). Salah satunya  adalah dengan menjalin kerjasama dengan Produsen Pupuk BUMN yaitu PT Pupuk Kalimantan Timur yang sering kita dengar dengan nama Pupuk Kaltim.

Dengan kerja sama ini, tambahnya, Apkasindo berharap mendapat kemudahan-kemudahan dalam mendapatkan Pupuk yang diproduksi oleh PT Pupuk Kaltim. Kemudahan tersebut tentunya dengan harga dan ketepatan waktu tiba di Pekanbaru.

Terkait hal itu, dengan MoU Apkasindo Riau dengan Pupuk Kaltim diharapkan tidak ada lagi keraguan dari Petani Sawit tentang ketersediaan dan harga Pupuk Kaltim ini, selama ini Produksi Pupuk Kaltim ini selalu dianggap Pupuk eksekutif klas. "Hari ini Pupuk Produsen PT Pupuk Kaltim akan merakyat bersama Apkasindo Riau," ujar Gulat.

Dalam MoU itu, Apkasindo Riau akan mengorder formulasi khusus dan akan ditambahkan unsur-unsur micro sesuai spesifik tanah di Riau karena pupuk tanaman kelapa sawit jauh berbeda dengan pupuk tanaman lainnya.

Pupuk yang banyak beredar di Riau kebanyakan dengan formulasi umum (kandungan 3 unsur hara makro berimbang), semua tanaman bisa menggunakan formulasi umum ini, dari tanaman cabe, tomat, karet, sampai jengkol.

Sedangkan sawit membutuhkan 3 unsur Hara Makro Utama (Unsur N, P, dan K) yang persentase ketiga unsur tersebut harus berbeda, unsur K harus minimum 3 kali Iipat dari Unsur N dan Unsur P hams V2 dari Kandungan Unsur N (2N:1P:6K), inilah ciri khas dari pupuk kelapa sawit, khususnya tanaman Sawit Yang sudah masuk Fase Panen.

Pada penandatanganan MoU ini hadir langsung Tim Manajemen Marketing PT Pupuk Kaltim dari Bontang Kalimantan Timur, Djoni Sastra sebagai Team Leader.

Menurut Djoni Satra, suatu kehormatan dapat bekerjasama dengan Apkasindo Riau, dan management sudah memonitor aktifitas dari organisasi Apkasindo, Apkasindo Riau paling aktif. Apalagi Riau merupakan terluas perkebunan kelapa sawit nya di Indonesia dan terluas perkebunan kelapa sawit rakyat di Indonesia yaitu mencapai 1,7 juta hektare.

Ia berharap action dari business meeting ini dapat segera dilaksanakan. PT Pupuk Kaltim siap membantu Apkasindo dalam Ketersediaan Pupuk Berkualitas dan Terjamin Kejujuran kandungan harganya, itu sudah pasti.

"Berbagai keluhan-keluhan petani Apkasindo sudah kami pahami, salah satunya aspek ketersediaan dan hara, semuanya sudah tertuang dalam MoU. Khusus untuk ketersediaan Pupuk Kaltim di Riau, kita akan bekerjasama dengan DPW Apkasindo Rlau," terangnya.

Penulis: Herlina
Editor: Budy


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Jualan Daihatsu Mei 2019 Naik 16 Persen
  • Ayat Cahyadi Pimpin Upacara HUT Pekanbaru ke-235
  • Pemkab Siak Taja Pelatihan Pengelolaan Koperasi Berbasis Syariah
  • Bercinta 48 Jam Nonstop, Pengantin Baru Wanita Tewas
  • Jaksa Klarifikasi Dua Agen Elpiji Terkait Penyimpangan Gas Elpiji Bersubsidi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Paket Murah Astra Peduli Sesama di Pekanbaru
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved