www.halloriau.com  
Bengkalis
Pemkab Bengkalis | DPRD Bengkalis
 
+ INDEX BERITA

15:56 - Di Luar Badan Kehormatan, ...
15:32 - Sampaikan Aspirasi, Tokoh ...
15:24 - DPRD Bengkalis Bentuk 7 Fr...
06:48 - APBD-P Bengkalis Rp 4,04 T...
15:56 - Rapat Paripurna Istimewa, ...
15:29 - Bupati Sampaikan LKPj Tahu...
21:30 - Sidang Paripurna Ranperda ...
16:46 - Maksimalkan Pelayanan Info...
15:43 - Dewan Bengkalis Nilai Kesa...
15:11 - Eet: Bangun dan Serahkan k...
16:18 - Passing Grade Terlalu Ting...
16:34 - Terkait Rasionalisasi Angg...
15:06 - Soal WTP untuk Bengkalis, ...
20:44 - Berkah Ramadan, Ketua DPR...
16:45 - Abdul Kadir Bagi Sembako G...
17:04 - Dihadiri Ketua DPRD Bengka...
13:56 - TPP Cair 4 Bulan, BPKAD Be...
15:19 - Ungkap Sabu Senilai Rp 70 ...
11:24 - Nasib Dusun Bandar Sari, G...
23:16 - Reses di Pambang Pesisir, ...
 
Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir. S.Ag
“Jangan Pernah Melupakan Orang Tua dan Keluarga”
Rabu, 18/10/2017 - 21:03:37 WIB
Abdul Kadir S.Ag
Abdul Kadir S.Ag
TERKAIT:

Berpenampilan sederhana dan ramah kepada siapapun, begitulah ciri khas dan gaya hidup sehari-hari Abdul KAdir S.Ag, amanah terhadap jabatan yang diembannya saat ini sebagai Ketua DPRD Bengkalis periode sisa masa jabatan 2014-2019dari Partai Amanat Nasional (PAN) tetap berpegang teguh kepada keyakinan yang selalu dipegangnya,untuk tidak melupakan orang tua dan keluarga dan menjadikan semangat dalam  menimba karir di dunia politik.

Abdul Kadir lahir di desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis pada tanggal 18 Agustus 1969, dari 11 orang bersaudara ia merupakan anak ke tujuh dari pasangan Abdul Rahman (almarhum) dan Maimunah ini. Dalam perjalan karirnya di dunia politik dari tahun 2004 tidak semulus yang ia bayangkan, tetapi berkat doa dan dukungan orang tua serta isrti dan anaknya, jabatan sebagai Keua DPRD Bengkalis bisa dipercayakan kepada dirinya dari Partai berlambang matahari ini.

"Saya dalam berbagai hal termasuk meniti karir didunia politik tidak pernah melupakan orang tua dan keluarga, karena doa orang tua kunci keberhasilan saya selama ini dan juga dukungan dari Istri tercinta," ujar Abdul Kadir saat berbincang-bincang dengan halloriau beberapa waktu yang lalu.

Siapa yang akan menyangka untuk terjun kedunia politik, Abdul Kadir nekad  memutuskan dirinya mundur dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), padahal sudah 8 tahun dilakoninya. Satu tekadnya kala itu, ingin menjadi anggota DPRD Bengkalis dan berbuat lebih untuk masyarakat kampung halamannya.

Lika-liku yang dilewatinya tidaklah mudah dan segampang yang dibayangkan, tahun 2004 ia pertama kali bergabung dengan Parta Golkar dan waktu itu impiannya untuk bertarung di Pemilu Legislatif harus terhenti karena ada sesuatu hal yang ia lupakan yakni surat pengunduran dirinya dari PNS belum ia buat dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terpaksa mencoret dafta namanya dari calon legislatif.

"Memang untuk berkecimpung di dunia politik saya nekad mengundurkan diri dari PNS, tetapi saat pencalonan pertama pada Pemilu legislatif pada tahun 2004 sempat tidak diterima dan dicoret oleh KPU karena surat pengunduran diri dari PNS belum saya kantongi," ungkap pria bermata sipit ini.


Abdul Kadir saat memimpin sidang perdana sebagai Ketua DPRD Bengkalis

Walaupun kandas saat itu dan tidak bisa bertarung untuk duduk sebagai anggota DPRD,tidak menyurutkan semangat dirinya dan menjelang Pemilu Legislatif pada tahun 2009, banyak hal kegiatan yang ia buat untuk mengabdikan diri kemasyarakat dan sebagai anak asli putra Rupat ia jadikan hal tersebut sebagai sebuah pengalaman yang berharga dan cambuk untuk lebih maju.

"Walaupun saya gagal, tetapi kesempatan untuk bisa menjadi angota dewan masih panjang menjelang tahun 2009, saya terjun kedunia kontraktor, alhamdulillah banyak proyek yang saya dapatkan dan dalam jangka waktu tersebut saya gunakan juga untuk bersosialiasi ke masyarakat di Desa Pangkalan Nyirih," ujar alumni IAIN Imam Bonjol Padang ini.

Akhir dari penantian Abdul Kadir untuk bisa kembali bertarung pada pemilu Legislatif pada tahun 2009 seiring berjalan waktu, akhirnya tercapai juga, saat itu ia tidak lagi memakai perahu dari partai berlambang beringin tersebut dan ia meloncat ke Partai Barisan Nasional (Barnas) dan saat itu dari sejumlah calon legislatif pada daerah pemilihannya, ia dipilih dan dipercayakan masyarakat untuk duduk sebagai anggota DPRD Bengkalis dari dapil Rupat dan Rupat Utara.

Duduk sebagai wakil rakyat dari Rupat, Abdul Kadir dalam periode selama lima tahun tetap memperjuang aspirasi dari masyarakatnya dan perjuangan tersebut tentu tidak akan mudah ia lakukan karena dari partai kecil. Dengan kegigihan serta lobi-lobi dengan partai lainnya sejumlah aspirasi yang ia perjuangkan untuk membangun sejumlah infrastrutur di pulau rupat akhirya bisa terakomodir dan masuk pada APBD setiap tahunnya.

"Setiap orang yang ingin ke RUpat tentu akan menikmati keindahan pantainya dan sejumlah infrastruktur harus dibangun untuk menunjang hal tersebut, Alhamdulilan dari waktu kewaktu perkembangan rupat sudah mulai nampak dengan banyaknya usulan dari masyarakat yang terakomodir melalui usulan di DPRD," ungkapnya.

Abdul Kadir didampingi Ibunda Maumunati dan Istri Ir. Tien Suharti

Pada Pemilu Legislatif tahun 2014, Abdul Kadir kembali ikut bertaurung dengan sejumlah calon legislatif dari dapil Rupat, tetapi dalam pertarungan tersebut ia tidak lagi mencalonkan diri dari Partai Barnas karena tidak lolos verivikasi dari KPU dan ia putuskan untuk memilih pilhan yang tepat untuk pindah ke Partai Amant Nasional (PAN). Berkat kepercayaan dari masyarakat dan juga amanah terhadap janji politiknya, kadir kembali terpilih dan memperoleh suara terbanyak dari semua caleg dari dapilnya.

"Alahamdulillah, saya kembali terpilih dan dipercayakan oleh masyarakat rupat sebagai wakil mereka duduk di DPRD Bengkalis dan selain saya juga Nur Azmi Hasyim dari Partai Demokrat juga terpilih dan ia juga masih ada hubungan keluarga dekat dengan saya," kata Kadir.

Saat itu kata Kadir Partai PAN keluar sebagai pemenang pada Pemilu Legislatif untuk wilayah Kabupaten Bengkalis tahun 2014 dengan meraih 8 kursi dan ini sebuah bukti atas kepercayaan masyarakat terhadap PAN di Kabupaten Bengkalis. Amanah dan kepercayaan dari masyarakat ini harus dijaga dengan rasa penuh tanggung jawab.

"Sebagai Partai Pemenang Pemilu dan dua kali terpilih sebagai anggota DPRD ini merupakan sebuah bukti terhadap kepercayaan masyarakat terhadap PAN dan juga diri saya dan amanah ini harus dijaga," ujar suami Ir Tien Suharti Romas ini.


Foto Bersama Keluarga saat pelantikan Abdul KAdir sebagai Ketua DPRD Bengkalis

Ketika ditanya komitmen dirinya sebagai Ketua DPRD dan juga apa langkah yang akan dilakukan dengan sejumlah pimpinan lainnya, Abdul Kadir menegaskan bahwa komitmen yang ia pegang selama ini adalah rasa kepercayaan dan juga rasa persaudaran denan tidak memutuskan silaturahmi kepada siapapun, sedangkan terhadap pimpinan lainnya ia tetap akan memberikan kewenangan sesuai tupoksinya dan tetap merangkul semua anggota yang ada.

"Saya bersama pimpinan lainnya tetap akan menjaga kekompakan dan memberikan kewenangan sesuai tupoksi, kita ingin DPRD Bengkalis kedepan bisa bekerja dan menyelesaikan tugas dan beban yang diamanahkan masyarakat dalam menyelesaikan sejumlah pembahasan baik APBD Perubahan maupun untuk APBD murni tahun 2018 nanti," ujar Sekretaris PAN Kabupaten Bengkalis ini.

BupatiAmril bersama unsur pimpinan DPRD Bengkalis teken MoU KUPA PPAS APBD Perubahan tahun 2017

Sedangkan komitmen lainnya dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentu sebagai Ketua DPRD akan bekerja sama dalam membangun Negeri Junjungan ini dan menanamkan komitmen membangun daerah diantaranya meningkat kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berfisi keadilan dengan menempatkan kepentingan masyarakat.

"Fungsi penyelenggaraan pemerintahan daerah harus bisa saling berkoordinasi antara Legislatif dengan eksekutif dalam rangka menjalankan pemerintahan ini ,salah satunya fungsi legislasi yang kita punya harus membantu  pemerintah menjalankan dengan cara membuat peraturan daerah yang berfisi kemasyarakatan" kata Abdul Kadir mengakhiri.

Penulis : Alfisnardo


BIODATA
NAMA: ABDUL KADIR, S.Ag
LAHIR: Bengkalis, 18 Agustus 1969
ALAMAT: Jl. Pancur Jaya Pangkalan Nyirih, Rupat
AGAMA: Islam
ISTRI: Ir. TIEN SUHARTI
ANAK: Sasi Kirani Aurura
AYAH: ABDUL RAHMAN (almarhum)
IBU: MAIMUNATI

RIWAYAT PENDIDIKAN:
1. SDN 021 Teluk Latak (1983)
2. Tsanawiyah YPPI Bengkalis (1986 )
3. MADRASAH ALIYAH YPPI BENGKALIS (1989)
4. IAIN Imam Bonjol Padang (1992)

RIWAYAT PEKERJAAN
1. KEPALA SMUKURNIA JAYA (1993-1995)
2. PEGAWAI NEGERI SIPIL (1994-2004)
3.WIRASWASTA / KONTRAKTOR (2005-2009)
4. Bergabung dengan Partai Golkar (2004)
5. Anggota DRPD Bengkalis dapil Rupat dari Partai Barnas (2009)
6. Anggota DPRD Bengkalis dapil Rupat dari Partai PAN (2014)
7. Sekretaris DPD PAN Kabupaten Bengkalis
8.  Ketua DPRD Bengkalis


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Bupati Suyatno Dodos Sawit Program PSR yang Dicanangkan Presiden
  • Rakor JCS Kasus Karhutla; Kapolda Riau Ingin Proses Hukum Adil dan Bermanfaat
  • Kuota CPNS 2019 Dumai hanya Tersedia 134 Formasi
  • Wagubri Tegaskan Pusat Belum Beri Kepastian Penunjukan Sekda Riau
  • Sekda Rohul Minta OPD Susun Laporan Capaian SPM Tepat Waktu
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved